Selain Opor, Ini 9 Hidangan yang Bisa Jadi Inspirasi Saat Lebaran

Advertisement

Opor selama identik dengan hidangan khas lebaran. Tak bisa dipungkiri, citarasa opor yang sangat nikmat saat dipadukan dengan ketupat. Dinikmati setelah shalat Idul Fitri, jadi hidangan yang sangat mengenyangkan. Memang opor sangat lezat dan nikmat, tapi banyak hidangan lainnya yang bisa jadi alternatif pengganti opor, supaya tidak bosan ya. Maka dari itu, simak aneka menu lebaran selain opor yang jadi inspirasi.

1. Semur

Semur Daging, Via Instagram sajiansedap
Semur Daging, Via Instagram sajiansedap

Semur merupakan hidangan lezat yang bisa menjadi pengganti opor. Banyak varian yang disajikan, misalnya saja ada tahu, tempe, telur, daging, dan juga ikan. Citarasa yang sangat kuat dari semur ini adalah kuahnya terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala, dan juga cengkeh. Semur bisa dimasak pedas, pedas manis, dan juga gurih manis sesuai dengan selera.

2. Rawon

Rawon, Via Instagram vitasong_
Rawon, Via Instagram vitasong_

Alternatif lainnya adalah rawon si kuah hitam yang memiliki citarasa manis dan bikin tergila-gila. Kuah hitamnya ini berasal dari bumbu dapur yang bernama keluak. Biasanya, dalam seporsi rawon akan ada taoge mentah, irisan daun bawang, sambal, dan juga daging. Ditambah dengan kerupuk udang membuar rasanya makin mantap dan nikmat.

3. Soto

Soto, Via Instagram koh_aming
Soto, Via Instagram koh_aming

Disebut juga dengan sroto, tauto, sauto ataupun juga coto merupakan kuliner yang terbuat dari kaldu daging ayam ataupun sapi dan sayuran. Untuk soto, Indonesia memiliki ragam yang banyak sekali, di setiap daerah hampir selalu ada. Misalnya saja soto Madura, soto Kudus, soto Betawi dan lain-lain. Nah, kamu bisa menjadikan soto ini sebagai menu lain dari opor.

4. Pempek

Pempek, Via instagram pempekpejabat
Pempek, Via instagram pempekpejabat

Pempek yang merupakan kuliner asli dari Palembang juga bisa jadi hidangan untuk menu lebaran. Tapi, jangan hanya pempek saja, tambahkan juga dengan irisan mentimun segar dan mie kuning. Lalu ditambah irisan pempek yang disiram dengan kuah cuka yang terbuat dari air, gula merah, ebi, cabai rawit, bawang putih dan juga garam. Perpaduan rasa manis, asam, dan gurih yang akan membuat tamu kekenyangan.

5. Tongseng

Tongseng, Via Instagram perutendut
Tongseng, Via Instagram perutendut

Tongseng juga bisa menjadi alternatif lain pengganti opor. Tongseng merupakan sejenis gula dengan tambahan bumbu yang lebih tajam. Untuk dagingnya juga memanfaatkan daging yang melekat pada tulang, terutama bagian iga. Umumnya, tongseng ini menggunakan daging kambing, meskipun ada pula yang memanfaatkan daging sapi dan juga kerbau. Ada tambahan sayur mayur di dalamnya, seperti kol, tomat, yang membuatnya makin nikmat.

6. Rendang

Rendang, Via Instagram elleanoor.xaviera
Rendang, Via Instagram elleanoor.xaviera

Dari ranah Minang juga ada kuliner yang bisa jadi rekomendasi pengganti opor. Kelezatannya sudah tidak perlu untuk dipertanyakan lagi. Ada daging rendang yang memiliki citarasa nikmat yang sudah mendunia. Rendang juga sangat nikmat saat disandingkan dengan ketupat. Jadi, tidak salah sama sekali menjadikan rendang sebagai menu alternatif.

7. Sambel Goreng Hati

Sambal goreng ati, Via Instagram xanderskitchen
Sambal goreng ati, Via Instagram xanderskitchen

Sambal goreng hati juga merupakan menu yang pas cocok untuk dihidangkan sebagai menu pengganti opor. Banyak orang yang gemar mengonsumsi makanan satu ini. Biasanya juga menjadi pengisi menu pada arisan, pesta pernikahan sampai dengan lebaran. Sebagai pendamping opor bisa, dijadikan lauk juga tidak kalah nikmatnya.

8. Lontong Sayur

Lontong sayur, Via Instagram astriepasaribu
Lontong sayur, Via Instagram astriepasaribu

Tidak ketinggalan, ada lotong sayur yang bisa menjadi menu untuk lebaran. Buat kamu yang tidak terlalu suka dengan daging, lontong yang dikombinasikan dengan sayur lodeh dan bahan-bahan lainnya ini bisa jadi pilihan. Bisa dibuat rasa pedas ataupun biasa, tergantung selera masing-masing.

9. Bakso

Bakso, Via Instagram eatwithkoko
Bakso, Via Instagram eatwithkoko

Memang bisa dibilang tidak semewah yang sebelum-sebelumnya. Tapi bakso menjadi hidangan yang juga menjadi alternatif lain selain opor yang biasanya dihidangkan untuk menu menyambut tamu yang datang ke rumah. Sangat nikmat disantap kala cuaca sedang dingin.

Jadi, masakan-masakan di atas bisa menjadi inspirasi menu selain opor ya. Biar menunya bisa berganti-ganti dan tidak cepat bosan. Semoga ulasan di atas membantumu ya.

Advertisement
Tags
Lebaran menu lebaran menu lebaran selain opor
Share