5 Rekomendasi Menu Sahur yang Praktis di Hari Pertama Puasa

Advertisement

Kurang sehari umat muslim nusantara telah memasuki bulan ramadhan yang sudah ditunggu tunggu sejak setahun lamanya. Banyak sekali ibu ibu ataupun muda mudi mulai antusias menjelang hari pertama memasuki ramadhan. Sahur pertama Ramadhan tentu menjadi hal penting yang tak boleh dilewatkan bagi setiap umat Islam. Sebagian orang pastinya mulai mencari-cari inspirasi menu sahur dan berbuka yang menggugah selera.

Mneu sahur pertama di bulan ramadhan yang sungguh lezat. Foto via banksinarmas.com

Tak hanya lezat, menu sahur pertama juga sebaiknya mengandung nutrisi yang baik agar membuat tubuh tidak mudah lesu karena menahan lapar dan dahaga sampai waktu berbuka tiba. Nah, berikut rekomendasikan menu sahur yang praktis di hari pertama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat puasa.

Ayam Kecap

Ayam kecap menu sahur paling jos. Foto via cookpad.com

Sahur hari pertama mungkin ingin menyajikan masakan yang spesial untuk keluarga, ayam kecap mentega bisa menjadi pilihan. Rasanya yang manis dan gurih akan membuat selera makan bertambah.Untuk dapat menghemat waktu bisa menyiapkan bumbu-bumbu terlebih dahulu saat malam hari. Jadi, pada saat sahur tinggal mengolahnya saja.

Oseng Sayur Tiram

Tubuh memerlukan sayur untuk tambahan gizi, terlebih di waktu puasa. Mengonsumsi ongseng sayur siram yang terdiri dari wortel, jamur, brokoli, sawi putih dan sawi hijau bisa menjadi menu praktis. Cukup ongseng sayur di dalam wajan dan tambahkan saos tiram untuk menambah cita rasa.

Tumis Telur Tomat Orak Arik

Tumis telur tomat orak arik yang kental. Foto via cookpad.com

Telur merupakan bahan makanan praktis di kala kesiangan saat sahur. Jika bosan dengan telur goreng atau dadar, coba buat tumis telur tomat orak-arik.Hanya butuh dua bahan untuk memasak menu ini, yakni telur dan tomat. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak masakan ini juga cukup singkat dan tidak memerlukan waktu yang lama jadi tidak perlu takut terlambat sahur di hari pertama.

Sayur Bening

Mengonsumsi sayur bening di waktu sahur bisa menenangkan perut. Rasa hangat dan lembutnya sayur bayam bisa menambah vitamin dan mineral untuk menjalani ibadah puasa. Cara membuatnya cukup mudah, rebus air hingga mendidih, masukan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kencur, dan temu kunci. Terakhir masukkan sayur bayam, jagung dan tomat yang sudah dipotong-potong.

Sayur bening yang segar. Foto via cookpad.com

Sapo Tahu

Menu sapo tahu ala resto bisa menjadi salah satu alternatif untuk yang sedang mencari menu sahur yang menggugah selera. Cara memasaknya juga tidak membutuhkan waktu lama sangat cocok untuk dijadikan santap sahurRasanya enak dan segar. Kamu bisa menyantap langsung sapo tahu atau bisa dipadukan dengan nasi putih panas.

Sapo Tahu dengan kuah kental yang lezat. Foto via makanapahariini.com

Nah, teman traveler mungkin sudah tak bingung lagi memilih menu sahur yang mudah, praktis namun memiliki kelezatan tiada tara. Jangan lupa segera dicoba ya!

Advertisement
Tags
kuliner Indonesia Kuliner Nusantara Menu Sahur tips dan inspirasi Wisata Kuliner
Share