4 Museum di Jogja, Ngabuburit Asyik Sambil Tambah Ilmu

Advertisement

Bulan Ramadan adalah waktu yang ditunggu-tunggu bagi muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kapan lagi bisa merasakan momen puasa dan segala tradisinya. Selain buka bersama dengan teman lama dan sahabat, ngabuburit juga menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan. Daripada menunggu waktu berbuka dengan tidur, jalan-jalan saja ke museum di Jogja. Pasti lupa waktu dan tiba-tiba bedug Maghrib sudah terdengar. Di mana saja, ya.

1. De Mata Trick Eye Museum

Spot foto di De Mata Trick Eye Museum
Spot foto di De Mata Trick Eye Museum via Instagram/@de_mata_de_arca

Museum di Jogja yang keren untuk ngabuburit adaah De Mata Trick Eye Museum. Di sini penuh dengan properti-properti yang mengecoh mata. Museum yang berlokasi di XT Square, Jalan Veteran No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta ini menarik untuk kamu yang doyan foto. Ada tiga wahana, yaitu mata, walik, dan arca. Semuanya keren dan akan membangkitkan semangat berposemu. Pastikan menyiapkan kamera yang bagus ya.

De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum via Instagram/@de_mata_de_arca

2. Museum Batik Jogja

Museum Batik Jogja
Museum Batik Jogja via Instagram/@paketwisata_yogyakarta

Siapa yang tidak tahu dengan batik? Namun, tidak semua paham bagaimana sejarah dan filosofinya, lho. Main-mainlah ke Museum Batik Jogja yang ada di Jalan Dr Sutomo No. 13 A, Bausasran, Danurejan, Yogyakarta. Hanya dengan membayar tiket Rp20 ribu per orang, kamu sudah bisa masuk dan dipandu oleh guide yang akan menjelaskan setiap batik dan semua perintilannya. Seru kan kalau bisa ngabuburit sambil menambah ilmu.

Pameran di Museum Batik Jogja
Pameran di Museum Batik Jogja via Instagram/@paketwisata_yogyakarta

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu via Instagram/@mariaharfanti

Pecinta sejarah bisa berkunjung ke Museum Ullen Sentalu. Lokasi dari museum ini berada di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di sini, kamu bisa menikmati dan belajar tentang sejarah Keraton Yogyakarta dan Solo. Di museum ini juga kamu bisa menikmati peninggalan para sultan dan keluarga kerajaan lainnya. Bonusnya, salah satu museum di Jogja ini dikelilingi oleh alam yang masih asri.

Spot di Museum Ullen Sentalu
Spot di Museum Ullen Sentalu via Instagram/@avaaraffah

4. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi via Instagram/@museumrepublic

Ada juga Musuem Gunung Merapi yang bisa dikunjungi di Jalan Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Jogja. Di sini, kamu bisa belajar bagaimana proses gunung meletus. Di museum ini juga kamu bisa melihat barang-barang yang pernah terkena akibat dari meletusnya Gunung Merapi. Tempat ini cocok dikunjungi sebagai lokasi ngabuburit bersama dengan teman atau keluarga. Saking serunya, kamu bisa lupa waktu lho.

Museum Gunung Merapi, Jogja
Museum Gunung Merapi, Jogja via Instagram/@devinardeliaa

Sudah tahu kan harus ke mana untuk menunggu buka puasa? Pilihan museum di Jogja bisa menjadi pertimbangan untuk acara ngabuburitmu. Bagaimana, tertarik mencoba?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja Museum Wisata Yogyakarta
Share