Ini Tempat Menikmati Alam di Kabupaten Padang Pariaman

Advertisement

Rancak Bana, sebuah istilah untuk memuji apa-apa yang enak, biasanya sih makanan berbumbu gurih yang kelezatannya itu merata dan dipakai orang Minang. Penduduk yang kebanyakan berdiam di Sumatera Barat dan sekitarnya. Menjalani kehidupan dengan berbagai macam profesi seperti petani, peternakan, hingga nelayan. Selama ini negeri Minang terkenal sebagai tempat yang tenang, budaya setempat ditegakkan untuk menyeimbangkan kehidupan.

Faktor kenyamanan, juga dipengaruhi oleh tempat-tempat wisata keren di berbagai sudut. Bahkan di salah satu kabupaten bernama Padang Pariaman alam benar-benar disanding dengan baik oleh penduduk. Ya karena tinggal di sana itu enak banget kamu juga bisa menyebut Padang Pariaman itu rancak bana. Onde Mande, kamu sudah penasaran banget dengan segala pesona keindahan yang ditawarkan oleh kabupaten yang beribu kota di Parit Malintang itu? Nggak pakai nunggu, ini dia informasi selengkapnya ya!.

1. Pemandian Tirta Alami

Di tempat ini kamu bisa merasakan kesegaran dari air alami yang mengalir dari pegunungan. Terdapat kolam-kolam besar yang di tepiannya berupa sususan batu alami. Di salah satu sisinya ada aliran menyerupai air terjun dengan debit yang tidak terlalu banyak. Meski begitu, bagian kolamnya cukup dalam dan airnya jernih kamu bisa berenang tanpa takut tersengat sinar matahari, karena rimbunnya pepohonan akan jadi pelindung dan menciptakan suasana yang teduh. Biaya masuknya murah meriah yaitu sekitar sepuluh ribu rupiah saja.

Tirta Alami [image source]
Tirta Alami [image source]

Untuk sampai di pemandian Tirta Alami, kamu harus melakukan perjalanan menuju Kandang Ampek, bagian dari Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman. Tak jauh dari lokasi, terdapat fasilitas akomodasi dengan sebutan Anai Resort. Pihak pengelola terus berusaha menambah fasilitas, salah satu yang sudah ada adalah arena outbond seperti flying fox, ATV road dan masih banyak yang lainnya.

2. Air Terjun Nyarai

Tentang beberapa wisata Indonesia yang mirip dengan luar negeri ternyata bukan hanya angin burung semata. Buktinya di Padang Pariaman saja ada tempat keren yang akan membuat seolah-olah sedang berada di Hutan Amazon. Sebut saja Air Terjun Nyarai di Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Bagimu mungkin hutan kurang greget, tapi tunggu sampai kamu sampai di pinggiran aliran sungainya.

Air Terjun Nyarai [image source]
Air Terjun Nyarai [image source]

Tebing-tebing batu berwarna coklat sangat kontras dengan hijaunya sungai. Sebelum terkenal seperti sekarang ini, Air Terjun Nyarai tersembunyi di Hutan Gamaran. Saat ini sudah ada akses jalan, jadi enak. Nah dulu harus membelah hutan dan tracking lebih dulu untuk mengintip penampakan alam yang cantik.

3. Lubuk Bonta

Padang Pariaman memang tempatnya wisata alam, terutama yang berhubungan dengan sungai dan air terjun. Kali ini ada kolam alam yang airnya jernih sebening kaca yaitu Lubuk Bonta. Secara administratif lokasinya berada di Korong Tarok Kenagarian Kapalo Hilalang, Kabupaten Padang Pariaman.

Lubuk Bonta [image source]
Lubuk Bonta [image source]

Pepohonan di sekitarnya membuat udara jadi sejuk, pas banget digunakan sebagai tempat menenangkan diri. Jika ke memandang ke atas kamu melihat langit yang luas, dan saat menunduk ke bawah sapalah ikan-ikan kecil yang berenang di kolam Lubuk Bonta.

4. Air Terjun Belek

Jika kamu bertandang ke Padang Pariaman, sempatkan untuk mampir ke Jorong Gamaran, Korong Salibutan, wilayah Lubuk Alung. Di sana terdapat air terjun bertingkat-tingkat meski tidak terlalu tinggi. Suara derasnya air membahana memecah keheningan diperindah dengan cuitan burung-burung.

Air Terjun Belek [image source]
Air Terjun Belek [image source]

Siapkan tenaga ya, karena kamu harus berjalan melintasi hutan dan menghadapi medan terjal. Dari pemukiman terdekat butuh waktu tempuh sampai 3 jam. Lama memang, tapi keindahannya sangat mengagumkan.

5. Pantai Tiram

Letaknya strategis karena dekat dengan Bandara Internasional Minangkabau kebanggaan Sumatera Barat, jaraknya hanya sekitar 12 kilometer. Karena menjadi lokasi diadakannya kegiatan berskala nasional, Pantai Tiram sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Pantai Tiram [image source]
Pantai Tiram [image source]

Beberapa ajang yang sempat digelar adalah Gerakan Tanam Sejuta Pohon, Penghijauan, event wisata “Pacu Monyet Memanjat Kelapa”. Selain panorama pantai, yang diburu di tempat ini adalah kelezatan kulinernya.

Itulah beberapa tempat wisata alam di Padang Pariaman. Sekilas menurut kamu, manakah yang paling berkesan?

Advertisement
Tags
Padang padang pariaman Sumatera Barat
Share