Keindahan Vihara Tertinggi di Indonesia, Pagoda Avalokitesvara Semarang

Advertisement

Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi dan juga wisata religi. Termasuk salah satu diantaranya tempat wisata religi di Semarang adalah Pagoda Avalokitesvara yang sering juga dikenal dengan Pagoda Kwan Im. Karena di dalam vihara ini terdapat patung Dewi Kwan Im yang memiliki tinggi hingga lima meter.

Pagoda Avalokitesvara menjadi pagoda yang tertinggi di Indonesia. Foto via swissbehlinnhote.com

Pagoda Avalokitesvara merupakan salah satu bangunan utama yang ada di kawasan komplek Vihara Buddhagaya Watugong. Pagoda Avalokitesvara ini masih aktif dugunakan sebagai tempat beribadah bagi yang beragama Budha. Hingga tahun 2006 menjadi rekor MURI yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian hingga 45 meter. Vihara ini juga memiliki tujuh tingkat yang di setiap tingkatnya memiliki makna tersendiri.

Awalnya vihara yang ada di kawasan komplek Vihara Buddhagaya Watugong ini hanya dipakai untuk beribadah saja. Tapi karena kentalnya budaya Tiongkok dan Thailand, akhirnya vihara di sini dijadikan menjadi salah satu objek wisata religi. Pagoda Avalokitesvara ini hampir semua bangunannya terbuat dari beton dengan dominasi warna merah dan kuning. Pagoda Avalokitesvara ini juga menjadi salah satu vihara yang menjadi ikon di kawasan Vihara Buddhagaya Watugong.

Pagoda yang indah dengan lampu lampu yang kian mewarnai pagoda. Foto via jurnalangga.com

Pagoda Avalokitesvara ini menjadi salah satu bangunan utama dan sering dijadikan spot foto oleh para wisatawan. Di dalam Pagoda Avalokitesvara ini terdapat sekitar 30 patung yang digunakan sebagai tempat pemujaan. Pagoda ini dianggap sebagai cerminan bangunan suci yang merupakan wujud cinta kasih (Metta Karuna) dari Buddha. Konon di puncak Pagoda ini terdapat patung Amitabha yang dianggap sebagai guru besar dewa-dewa dan manusia.

Pagoda Avalokisvara tampak dari atas. Foto via pergiyuk.com

Pohon Bodhi yang terdapat tepat di depan Pagoda Avalokitesvara ini konon sudah ditanam pada tahun 1955. Pohon ini dilambangkan sebagai pohon keabadian. Dan dibagian bawah pohon juga terdapat patung Buddha dengan warna khasnya yaitu warna kuning keemasan. Selain itu, terdapat banyak kertas berwarna merah yang dikaitkan di ranting-ranting pohon Bodhi ini. Konon kertas-kertas tersebut merupakan salah satu kepercayaan yang beragama Buddha dimana di kertas tersebut tertulis harapan dan doa-doa dari yang menuliskannya.

Meskipun tempat ini umumnya digunakan sebagai tempat peribadahan, tapi disini juga beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para pengunjungnya, baik oleh pengunjung yang akan melakukan ibadah maupun pengunjung yang datang hanya untuk berwisata. Untuk fasilitas yang disuguhkan untuk pengunjung pun sudah mulai lengkap seperti toilet, tempat parkir, tempat ibadah, dan lainnya.

Tampak pintu masuk ke pagoda Avalokisvara Semarang. Foto via www.yoannafayza.com

Pagoda Avalokitesvara ini berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Pudakpayung Kecamtan Banyumanik kota Semarang Jawa Tengah. Untuk teman traveler yang ingin berkunjung pagoda ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Menariknya pengunjung tidak ditarik tarif masuk wisata hingga gratis parkir untuk siapapun. Namun tersedia kotak seperti kota seikhlasnya untuk petugas kebersihan.

Advertisement
Tags
wisata nusantara wisata religi wisata semarang
Share