8 Destinasi Wisata Untuk Mantai di Semarang

Advertisement

Mantai di Semarang? Bisa, sebab kota ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara jadi ada sejumlah pantai yang bisa wisatawan singgahi. Pantai utara Jawa memang sedikit kurang menarik karena kebanyakan mempunyai pasir cokelat atau hitam. Tapi ombak yang umumnya lebih tenang dibanding pantai selatan memberikan kelebihan sendiri buat pantai-pantai utara Jawa.

Pantai-pantai yang ada di Kota Semarang juga memiliki karakteristik demikian. Sebagian besar pantainya merupakan pantai landai. Nah buat wisatawan yang berlibur di Semarang, selain mengunjungi bangunan-bangunan kuno bisa tuh pada pagi atau sore jalan-jalan ke salah satu pantainya. Umumnya pantai di kota ini memang dijadikan spot nongkrong pada pagi dan sore hari, selain suasana lebih teduh pemandangan sunrise dan sunset menghadirkan pemandangan keren. Berikut 8 destinasi pantai di Kota Semarang.

1. Nongkrong di Pelabuhan Tanjung Mas Sambil Lihat Kapal Lalu Lalang

Tanjung Mas adalah nama pelabuhan yang paling terkenal seantero Semarang bahkan mungkin menjadi salah satu yang ternama di Jawa Tengah. Aktivitas bongkar muat peti kemas dilakukan di pelabuhan ini sehingga pemandangan dari kapal-kapal kontainer berukuran jumbo adalah hal yang lazim terlihat di sana. Buat wisatawan yang tinggal jauh dari pantai, sempatkan jalan-jalan di kawasan Pelabuhan Tanjung Mas. Kalian bisa bersantai sambil melihat kapal-kapal besar lalu-lalang yang menjadi pemandangan langka di daerahmu.

Pelabuhan Tanjung Mas, via instagram
Pelabuhan Tanjung Mas, via instagram

Pelabuhan Tanjung Mas memang kerap menjadi jujugan wisatawan muda yang berburu objek fotografi berupa kapal-kapal besar. Selain itu wisatawan juga bisa jogging di sekitaran pelabuhan atau sekedar nongkrong menikmati angin laut. Kawasan Pelabuhan Tanjung Mas juga menjadi spot memancing bagi warga sekitar. Pelabuhan ini berjarak sekitar 5 km dari Tugu Muda, jadi cukup dekat dari kawasan perkotaan.

2. Pantai Marina, Destinasi Pantai Paling Terkenal di Semarang

Wisatawan yang datang ke Kota Semarang bisa memasukkan Pantai Marina sebagai salah satu tujuan rekreasi. Pantai ini menjadi satu-satunya yang paling mudah diakses di Semarang dan juga punya fasilitas yang lengkap. Tidak sulit menemukan lokasi Pantai Marina sebab lokasinya berada di dekat Puri Maerokoco, jalan masuknya melewati Perumahan Puri Marina. Tiket masuk ke kawasan pantai pun terbilang cukup murah yakni sekitar Rp. 3000 saja.

Pantai Marina, via instagram
Pantai Marina, via instagram

Pantai Marina Semarang adalah tempat yang asyik untuk rekreasi. Di sekitar pesisirnya tumbuh banyak pepohonan yang bisa digunakan untuk berteduh. Ada pula persewaan perahu yang bisa digunakan untuk berkeliling menyusuri Pantai Marina. Bagi pecinta fotografi bisa datang ke pantai ini di sore hari, sunset dari Pantai Marina sangat keren diabadikan dalam jepretan kamera.

3. Pantai Baruna, Favorit Baru Pemburu Fotografi

Menurut penelusuran Travelingyuk di laman Seputar Semarang diketahui bahwa pantai-pantai di Semarang memang mempunyai akses yang sulit untuk dicapai. Hanya pantai Marina saja yang telah dikembangkan sebagai obyek wisata dan mudah untuk sambangi menggunakan kendaraan. Medan sulit yang dimaksud bukan dalam bentuk perbukitan melainkan kawasan berlumpur dan jalanan yang sempit.

Pantai Baruna, via instagram
Pantai Baruna, via instagram

Seperti pantai yang menjadi favorit baru para pecinta fotografi di Semarang, Pantai Baruna. Pantai Baruna atau sering disebut dengan Pantai Nyamuk ini punya akses yang sulit dijangkau. Wisatawan perlu menembus jalanan berlumpur atau jika tidak mau harus putar balik lewat jalan yang sempit. Pun demikian Pantai Baruna tengah hits lantaran punya pemandangan yang keren baik saat sunset maupun sunrise dengan paduan beton pemecah ombak.

Lokasi Pantai Baruna berada di dekat Pelabuhan Tanjung Mas. Dari arah Pantai Marina wisatawan akan bertemu traffic light dari sana belok kiri hingga menemukan gapura bergaya pura Bali, ambil jalan masuk gapura dengan kondisi jalan yang lumayan memacu adrenalin dan kesabaran. Tips kalau mau berkunjung ke Pantai Baruna gunakan motor, sebab mobil akan sulit melintas di jalan yang rusak san sempit.

4. Berburu Sunset di Pantai Cipta

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Baruna memiliki pilihan pantai lain setelah puas berburu objek fotografi. Pantai tersebut bernama Pantai Cipta. Lokasi pantai ini memang bersebelahan dengan Pantai Baruna namun pintu masuk ke pantai ini berada di jalur yang berbeda. Pantai Cipta bisa diakses dengan melewati terminal peti kemas di dekat pelabuhan Tanjung Mas.

Pantai Cipta, via instagram
Pantai Cipta, via instagram

Karena letaknya yang berada di belakang terminal peti kemas maka terkadang Pantai Cipta dijuluki pula dengan Pantai Peti Kemas. Yang menarik dari pantai ini selain bisa melihat pemandangan kapal peti kemas bersliweran, wisatawan yang berkunjung sore hari juga akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang menawan. Maka buat penggila fotografi tidak ada salahnya berkunjung ke Pantai Cipta ini.

5. Sambangi Kawasan Tambaklorok yang Akan Dijadikan Kawasan Percontohan Kampung Bahari

Warga Semarang tentu tidak asing dengan nama Tambaklorok. Ini merupakan kawasan pantai di kota Semarang yang terletak di Sungai Banger, kelurahan Tanjung Mas. Selama ini kawasan ini terkenal sering terkena banjir rob atau banjir pasang air laut, dan daerahnya pun terkesan kumuh. Sebagian besar warga yang tinggal di sana bermata pencaharian sebagai nelayan.

Tambaklorok, via instagram
Tambaklorok, via instagram

Tapi dalam beberapa tahun ke depan kawasan ini akan disulap menjadi Kampung Wisata Bahari Tambaklorok dan menjadi percontohan kampung-kampung lain di Indonesia yang letaknya berada di pesisir pantai. Saat ini wisatawan yang berkunjung bisa melihat proses pembangunan kampung wisata yang tengah digarap pemerintah kota dibantu oleh pemerintah pusat.

6. Bermain Air Laut? Ke Pantai Maron Saja

Dua pantai terakhir yang ada di dalam Kota Semarang ini terletak sangat dekat dengan landasan pacu Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. Pantai yang pertama adalah Pantai Maron, meski letaknya berada di dekat bandara tapi akses jalan menuju ke pantai ini masih berupa tanah yang tidak rata sehingga wisatawan yang datang menggunakan mobil pribadi akan kesulitan menjangkau pantai ini.

Pantai Maron, via instagram
Pantai Maron, via instagram

Cara paling aman dan gampang menuju ke Pantai Maron adalah dengan naik motor. Pantai Maron mempunyai potensi besar untuk dijadikan destinasi wisata sebab pantai ini memiliki air laut yang lebih biru dan jernih dibanding pantai Marina. Hal tersebut didukung dengan kondisi pantai yang landai sehingga cukup aman untuk bermain-main di perairannya. Ada dua cara untuk mengakses Pantai Maron, pertama lewat Bandara Ahmad Yani dan cara kedua dengan cara lewat Perumahan Graha Padma.

7. Pantai Tirang, Pantai Cantik di Dekat Bandara

Beranjak ke sebelah barat Pantai Maron terdapat Pantai Tirang. Pantai ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Pantai Marina tapi kondisi pantai di sini relatif lebih bersih dan airnya lebih biru. Pantai ini juga terletak di ujung landasan pacu bandara Ahmad Yani Semarang. Pantai ini kurang mendapat sentuhan dari pemerintah sehingga kondisi sekitar pantai sedikit lebih kumuh.

Pantai Tirang, via instagram
Pantai Tirang, via instagram

Sama dengan Pantai Maron mengakses Pantai Tirang bisa dilakukan via Bandara Ahmad Yani atau lewat Perumahan Graha Padma. Pantai ini cukup menarik di kunjungi sebab pada waktu-waktu tertentu wisatawan bisa mengambil gambar pemandangan pantai dengan latar pesawat terbang di atas langit.

8. Pantai Bandengan, Meski di Luar Kota Semarang Tapi Layak Untuk Dikunjungi

Pantai yang terakhir ini sudah keluar dari wilayah administrasi dai Kota Semarang. Letaknya ada di Jepara dan destinasinya bernama Pantai Bandengan. Pantai Bandengan layak dikunjungi wisatawan yang sedang berlibur di Kota Semarang pasalnya pantai ini berada di perbatasan dua wilayah sehingga jaraknya tidak terlalu jauh untuk dijangkau.

Pantai Bandengan, via instagram
Pantai Bandengan, via instagram

Pantai Bandengan terletak di desa Bandengan, kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini mempunyai nama asli Pantai Tirta Samudera dan menjadi salah satu destinasi unggulan kabupaten Jepara. Wisatawan yang mendambakan lingkungan pantai yang bersih bisa berkunjung ke pantai ini. Apalagi pantai Bandengan sangat ramah untuk dijadikan arena berenang. Selain itu pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

Pantai-pantai di Semarang sebenarnya memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata. Sayang untuk sementara ini banyak wisatawan yang mengeluhkan kotornya kawasan pantai sehingga tidak banyak wisatawan yang berminat berkunjung ke pantai-pantai di kota ini. Padahal view sunset di beberapa pantai di Semarang ini terbilang cukup bagus lho. Semoga ke depan pemkot setempat akan mengubah wajah pantai-pantai di Semarang menjadi lebih berseri.

Advertisement
Tags
Pantai Baruna Pantai Cipta Pantai Marina Pantai Maron Pantai Tirang Pelabuhan Tanjung Mas Wisata Pantai di Semarang
Share