Pantai Goa Cemara, Teduhnya Hutan Cemara Di Selatan Jawa

Advertisement

Pantai Selatan Pulau Jawa memang khas dengan ombak lautan yang begitu dahsyat. Hal ini disebabkan karena pesisir ini tepat berada dilepas pantai Samudera Hindia yang tidak ada penghalang pulau lagi. Terlebih pesona pesisir pantai selatan Indonesia ini menjadi salah satu destinasi menarik bagi wisatawan. Di pantai kita bisa menikmati indahnya sunset maupun sunrise di kemudian paginya. Pantai Goa Cemara misalnya, menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit.

Pintu masuk Pnatai Goa Cemara layaknya Goa. Foto via beritajokowi.com

Pantai ini terletak di wilayah Jogjakarta. Kebanyakan pantai yang berada di Yogyakarta terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Namun, Pantai Goa Cemara berada tepat di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena lokasinya yang berada di Kabupaten Bantul, Maka jarak yang dibutuhkan pun tidak terlalu jauh. Hanya berjarak sekitar 33 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Pantai Goa Cemara tampak asri dan sejuk. Foto via tempatwisata.com

Kondisi jalan pun sudah terbilang mulus karena jalanannya beraspal sehingga tidak menganggu perjalanan. Hanya memang dari gerbang menuju pantai jalanannya masih berupa tanah bercampur pasir. Nah untuk kamu yang berwisata ke Pantai Goa Cemara ini cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Harga yang tidak jauh berbeda dengan biaya wisata dan pantai lainnya di Yogykarta. Untuk biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Asal usul nama Pantai ini terbentuk dari sebuah tumpukan pohon cemara yang terbentuks eperti goa. sehingga pantai ini dinamakan Goa Cemara. Dan setiap malam satu suro warga sekitar menggelar upacara 1 muharram atau suro ditepi pantai. Kepercayaan ini untuk menghormati “Ratu Pantai Selatan” tersebut.

Deburan Ombak di pantai Goa Cemara yang sangat besar. Foto via pantainesia.com

Tak hanya pesona pasir pantai dan deburan ombaknya saja, namun pantai ini terdapat mercusuar dengan tinggi 40 meter dan uniknya teman traveler dapat masuk hingga puncak cukup membayar sekitar Rp. 5.000 saja per orang. Jangan ragu ya saat menginjak tangga hingga puncak. Kamu bakal melewati 5 hingga 6 tangga spiral yang cukup melelahkan.

Advertisement
Tags
Wisata Indonesia wisata jogja wisata nusantara wisata pantai
Share