Pantai Koka Maumere, Surga Kecil Nan Catik di Sisi Timur Indonesia

Advertisement
Pantai koka dengan pasir putih yang indah. Foto via tourfloreskomodo.com

Membicarakan keindahan alam dari Indonesia bagian Timur seolah tidak ada habisnya. Mulai dari pegunungan hingga pantai yang menakjubkan selalu memanjakan para pengunjung yang mendatanginya. Kali ini datang dari pesona pantai yang terletak di Kota Maumere, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat setempat menyebut nama pantai dengan sebutan Koka. Bermulai dari cuitan burung yang melengking dan mengeluarkan kata koak dan koka disekitar pantai. Hal ini menjadikan keunikan sendiri dan menjadi salah satu wisata favorit bagi wisatawan lokal hingga mancanegara.

Layaknya teluk yang membentuk elips membuat keunikan tersendiri di pantai Koka. Foto via travel.kompas.com

Selain itu, wisatawan juga sering menyebut Pantai Koka sebagai surga kecil di wilayah Indonesia Timur. Di sini, terdapat hamparan bukit batu serta suguhan air laut berwarna biru tosca menambah pesona keindahan alamnya. Keunikan lainnya terdapat dua sisi pantai yang saling berbeda. Di tepi barat, terbentang pasir putih sepanjang 100 meter sementara di sisi selatan terdapat bentangan pasir putih dengan panjang 200 meter. Selain bentangan pasir putih, terdapat pula cekungan yang membentuk tanjung kecil di setiap tepinya.

Deburan ombak yang tidak begitu besar membuat pengunjung lebih nyaman menikmati air laut. Foto via backpackerjakarta.com

Di sebelah selatan sejauh 100 meter ke dalam, sementara sebelah barat sejauh 50 meter ke dalam. Hal ini membuatnya terlihat berbentuk elips. Selain keindahan pantai, terdapat pula bukit batu yang saling mengapit kedua tepi Pantai Koka sehingga terlihat semakin indah. Bukit batu ini memiliki panjang 20 meter, lebar 10 meter dengan ketinggian mencapai 6 meter. Uniknya, bukit ini hanya ditumbuhi beberapa pohon berjenis lamtoro dan dipenuhi rerumputan. Gerusan ombak yang menghampiri sisi bukit terlihat indah dari cela-cela batu yang berwarna putih kecoklatan.

Menikmati keindahan pantai Koka dari ketinggian. Foto via florayen24.wordpress.com

Pantai Koka ini berjarak kurang lebih 42 kilometer dari pusat Kota Maumere. Akses menuju pantai pun tidak terlalu bagus, sehingga pantai ini dikatakan masih banyak yang belum mengunjunginya. Tapi, sensasi perjalanannya juga menyajikan pemandangan alam khas Kota Maumere.

Walaupun demikian, budaya dari masyarakat lokal dan terdapat tempat sakral yang ada di Pantai Koka membuatnya semakin unik. Salah satunya pulau kecil yang berada sekitar 300 meter dari bibir Pantai Koka. Pulau kecil tersebut dihuni oleh ratusan ular lurik yang dipercaya sebagai nenek moyang atau leluhur warga sekitar. Sehingga sangat disarankan untuk tidak mengganggu atau membunuh ular lurik tersebut.

Advertisement
Tags
Pesona Indonesia wisata Indonesia timur wisata nusa tenggara timur wisata pantai Wisata pantai Indonesia
Share