Menengok Indahnya Pari Manta, Penari Balet di Laut Indonesia

Advertisement

Keindahan taman bawah laut Indonesia menjadi rumah bagi berbagai macam spesies ikan. Salah satunya adalah Manta Ray atau Pari Manta. Keberadaan ikan langka ini tersebar dari Indonesia tengah hingga timur. Bahkan terdapat beberapa tempat dimana kamu dapat menyelam bersama pari manta, seperti di bawah ini.

Nusa Penida, Bali

Pari manta berenang di dasar laut
Pari manta berenang di dasar laut [image source]
Manta Point terletak pada barat daya lepas pantai Nusa Penida. Sepanjang tahun pari manta dapat ditemukan lalu lalang pada perairan ini. Ikan dengan rentang sayap yang melebihi 3 meter ini merupakan primadona yang hidup dan mencari makan di sekitar Nusa Penida. Kurang lebih terdapat 12 ekor pari manta yang hidup pada perairan ini.

Pari manta di Nusa Penida
Pari manta di Nusa Penida [image source]

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Penyelam yang sedang mengikuti pari manta
Penyelam yang sedang mengikuti pari manta [image source]
Manta point adalah sebuah spot di pulau komodo dimana menjadi habitat untuk pari manta. Pada bulan November, ikan ini sering terlihat di permukaan perairan pulau Komodo. Bahkan kamu dapat snorkeling atau diving di antara kawanan ikan ini dan menyaksikan langsung kepakan sayapnya dalam lautan.

Lebarnya dapat melebihi 3 meter
Lebarnya dapat melebihi 3 meter [image source]

Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

penyelam sedang mengambil gambar pari manta
penyelam sedang mendekati pari manta [image source]
Berada di gugus Kepulauan Derawan, membuat banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Sangalaki. Termasuk berenang bersama pari manta pada perairan Pulau Sangalaki. Karena pada terumbu karang laut ini memiliki banyak sekali plankton yang menjadi asupan makanan utama bagi pari manta. Menurut sumber yang didapat, malam bulan purnama adalah waktu terbaik untuk bertemu ikan ini.

Menyelam bisa menjadi salah satu hal yang dibutuhkan jika ingin bertemu ikan ini
Menyelam bisa menjadi salah satu hal yang dibutuhkan jika ingin bertemu ikan ini [image source]

Raja Ampat, Papua Barat

Kadang pari manta berenang di permukaan
Kadang pari manta berenang di permukaan [image source]
Terdapat dua cara untuk bertemu pari manta di kawasan Kapisawar, snorkeling atau diving. Jika pada tempat-tempat sebelumnya terdapat waktu tertentu untuk kemunculan pari manta, hal tersebut tak berlaku di sini. Karena pari manta sedang berkembang biak di perairan Raja Ampat, maka itu untuk bertemu dengan pari manta di tempat ini tak terlalu sulit.

Tak jarang pari manta berenang di dasar
Tak jarang pari manta berenang di dasar [image source]
Ikan raksasa ini memang memiliki keindahan tersendiri. Caranya berenang yang tampak seperti terbang di dalam air, membuat banyak penyelam terpikat. Namun, jangan pernah menangkap ikan yang dilindungi oleh undang-undang ini ya jika tak ingin terkena masalah.

Advertisement
Tags
Bali Kalimantan Timur Nusa Tenggara Timur Pari manta raja ampat
Share