Penampakan Embun Upas di Dieng, Suhu Sampai Minus

Advertisement

Meski Indonesia adalah negara tropis, tapi di beberapa tempat yang tinggi bisa mengalami fenomena membeku. Hal ini terjadi secara alami dan biasanya terjadi pada saat puncak musuk kemarau di sekitar Bulan Juli hingga September.

Begitu juga di kawasan Dataran Tinggi Dieng, fenomena munculnya es ini disebut dengan Embun Upas atau bun upas. Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang yaitu Sutikno menjelaskan jika menurut penduduk dieng Embun Upas Sendiri dianggap sebagai racun.

Embun Upas Dieng
Embun Upas Dieng via Instagram @rijall_odott

“Dinamai upas karena memang efeknya membuat tanaman mati tersiakan. Kerusakan tersebut tidak dapat dihindari jika embun beku tiba lebih awal sebelum masa panen. Selain memberikan dampak negatif, embun beku dieng juga ternyata mendatangkan dampak positif lainnya,” Kata Sutikno dilansir dari iNews Selasa (26/7/2022).

Kenapa muncul es di Dieng yang disebt sebagai embun upas ini? Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan fenomena ini muncul. Selain karena suhu ekstrem gerak semu matahari, intrusi suhu dingin dan laju penurunan suhu terhadap ketinggian juga berpengaruh.

Fenomena Embun Upas Diang
Fenomena Embun Upas Diang via Instagram @ora_alone

Dari catatan BMKG diketahui jika tahun lalu embun upas terjadi pada bulan Mei. Lalu setelah itu pertengahan Juli juga kembali muncul. Untuk tahun 2022 sebenarnya embun upas sudah pernah muncul di Bulan Januari. Ini bisa dikatakan sevuah anomaly karena kondisi meteorologis yang memungkinkan terbentuknya embun upas. Di bulan Juni dan Juli tepatnya tanggal 25 dan 26 Juli 20200 juga kembali muncul embun upas.

“Fenomena suhu dingin malam hari dan embun beku di lereng pegunungan Dieng lebih disebabkan kondisi meteorologis dan musim kemarau yang saat ini tengah berlangsung. Pada saat puncak kemarau, memang umumnya suhu udara lebih dingin dan permukaan bumi lebih kering,” imbuh Sutikno.

Embun Beku
Embun Beku via Instagram d @ora_alone

Dalam unggahan Instagram akun @prau_mountain pada tanggal 26 Juli 2022 juga dijelaskan jika suhu di Dieng mencapai -1.10 Derajat Celcius. Dalam foto yang diunggah juga nampak tumbuhan diselimuti es. Bagi penduduk setempat hal ini bisa menyebabkan tanaman mati. Itulah mengapa disebut sebagai embun upas.

Advertisement
Tags
Dieng embun upas Wisata Dieng
Share