Pesona Bukit Lorokan, Wisata Baru Mojokerto Yang Asri dan Menawan

Advertisement

Banyak sekali hamparan perbukitan menghiasi sisi selatan kota Mojokerto. Mulai dari gunung Penanggungan, gunung Welirang hingga pegunungan Anjasmoro berjejer rapih membatasi wilayah kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Perbukitan ini lah yang memberikan banyak puncak bukit sebagai tempat wisata baru yang wajib dicoba. Salah satunya adalah puncak Lorokan.

Puncak gunung Lorokan dengan view pegunungan Anjasmoro. Foto via instagram @_frhn.al

Bukit dengan ketinggian 1.100 mdpl tepat berada dilokasi Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Sekitar 35 km dari pusat kota Mojokerto, atau 55 menit lama perjalanan menuju basecamp Gunung Lorokan. Letak pos perijinan pendakian tapt diseberang wisata WET 2 Sendi. Sekitar 50 meter setelah memasuki ladang warga terdapat 2 shelter sebagai tempat peristirahatan pendaki.

Cukup murah untuk tiket pendakian sebesar Rp. 10.000 per orang dan tiket parkir sebesar Rp. 5.000 untuk sekali parkir, dan jika menginap dikenakan tiket parkir Rp. 10.000 per motor. Perlu diingat, pihak basecamp tidak memberikan jalur peta menuju puncak, namun sudah diberikan petunjuk diperjalanan hingga menuju puncak.

Tanjakan demi tanjakan menemani pendaki menuju puncak. Foto via instagram @kabut_lembut_23

Terdapat dua jalur menuju puncak yaitu jalur kebun dan jalur air terjun. Saat musim hujan tidak disarankan melewati jalur air terjun. Licin dan rawan longsor menjadi penyebab utama bahaya untuk pendaki. Jalur menuju pos 2 sangatlah landai dengan pepohonan rindang menemani para pendaki menuju shelter. Tanjakan demi tanjakan mulai terasa diperjalanan menuju pos 3 dengan tanah yang cenderung basah.

Salah satu air terjun perjalanan menuju puncak gunung Lorokan. Foto via instagram @_frhn.al

Tetaplah berhati hati dengan pijakan kaki, tanah yang gembur membuat lengket di alas kaki, yang bisa saja membuat kita terpeleset di titik titik tertentu. Sebelum mencapai puncak, istirahatlah sembari menikmati bekal yang sudah disiapkan sejak berada dibasecamp.

Tanjakan terakhir memang lebih menguras tenaga, namun semua terbayarkan dengan pesona puncak gunung Lorokan yang indah dan menawan. Saat senja tiba, gugusan kabut menghiasi pepohonan diseberang bukit dengan background langit senja yang begitu indah. Diujung seberang tampak kilauan gemerlap lampu kota Mojokerto yang mulai terang di kegelapan malam. Dan gagahnya gunung Penanggungan disebelah sisi kanan puncak.

Advertisement
Tags
gunung lorokan Wisata Alam Wisata Indonesia wisata mojokerto
Share