Bukannya Ngeri, 5 Pulau Berhantu Ini Justru Indah Lho

Advertisement

Kejadian tidak wajar di masa lalu membuat beberapa tempat terkesan seram dan menakutkan, contohnya karena ada pembunuhan atau kebakaran. Itulah mengapa hampir semua bangunan bersejarah di Indonesia memiliki sisi angker dan mengerikan untuk dikunjungi. Namun jangan salah, ada beberapa tempat yang dianggap berhantu tapi ternyata memiliki keindahan yang tidak ada duanya. Bahkan kamu bisa lupa dengan cerita misterinya. Seperti pulau berhantu di bawah ini.

1. Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau

Pulau Galang [image source]
Pernah dengar nama pulau satu ini? Galang adalah salah satu dari tiga pulau yang disebut Barelang (Batam-Rempang-Galang) di Kepulauan Riau. Usut punya usut pernah terjadi tragedi mengenaskan yang berlangsung antara tahun 1976-1996 di Pulau Galang, juga pernah menjadi rumah bagi ribuan pengungsi Vietnam yang meninggalkan negaranya akibat perang. Sayangnya, waktu itu banyak orang yang dirampok, diperkosa hingga dibunuh. Meski mengerikan, tetap saja banyak wisatawan yang lebih terpesona dengan keindahan alam dibandingkan cerita mistisnya.

Pa-Auk Tawya, Pulau Galang
Pa-Auk Tawya, Pulau Galang [image source]
Lokasi : Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau

2. Pulau Onrust

Pulau Onrust [image source]
Tempat lain yang dikenal berhantu adalah Onrust, pulau dekat Pelabuhan Muara Angke. Sebagian orang menyebutnya sebagai Taman Arkeologi Onrust yang memiliki banyak bangunan tua peninggalan Belanda beraura mistis. Keangkeran dari pulau ini makin menjadi ketika siang berganti malam. Pencahayaan yang kurang memberikan kesan seram. Pun demikian,  Pulau Onrust masih punya penggemar dari kalangan wisatawan.

Pulau Onrust [image source]
Lokasi : Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta

3. Pulau Kelor

Pulau Kelor [image source]
Berhadapan dengan Pulau Onrust, ada satu lagi tempat berhantu di Kepulauan Seribu. Ialah pulau Kelor dengan banyak peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng buatan VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Bangunan tua ini pula yang diyakini oleh penduduk sekitar sebagai tempat paling mistis ketika malam hari. Pun demikian, tidak sedikit yang tetap menikmati pesona keindahan Pulau Kelor. Bahkan banyak yang memutuskan untuk berkemah di pinggiran pantai di samping Benteng Martello.

Pulau Kelor [image source]

4. Pulau Sabira

Pulau Sabira [image source]
Merupakan pulau paling ujung dan jauh dari pusat kota membuat Sabira dikenal sebagai objek wisata Jakarta yang masih perawan. Namun, beberapa tahun terakhir sudah banyak orang yang berkunjung ke sana untuk menikmati keindahan pantai yang masih bersih. Selain keindahan pantai, beberapa bangunan tua seperti mercusuar setinggi 42 meter menjadi spot menarik. Meski diidolakan, siapa sangka ada cerita mistis mengenai bangunan peninggalan Belanda berbentuk mercusuar di sana. Konon, ada beberapa penunggu yang mendiami menara itu.

Pulau Sabira [image source]
Lokasi : Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

5. Pulau Cipir

Pulau Cipir [image source]
Sebagian besar pulau berhantu yang ada di Indonesia memiliki bangunan tua. Begitu juga dengan Pulau Cipir yang terletak di Kepulauan Seribu. Bagian paling Angker ada pada bangunan bekas rumah sakit yang konon merupakan lokasi karantina pasien penyakit menular pada zaman Belanda. Tidak hanya itu, di masa kekuasaan Jepang, Cipir menjadi tempat eksekusi. Semistis apapun, ternyata tak menyurutkan niat pengunjung untuk liburan ke sana. Bahkan ada beberapa yang datang untuk uji nyali.

Pulau Cipir [image source]
Lokasi : Kepulauan Seribu, Jakarta

Nah, bagaimana denganmu. Setelah mendengarkan cerita mistis yang ada di pulau di atas, masih ingin berkunjung ke sana? Jangankan pulau, bahkan di Malang ada hotel berhantu juga lho. Namun, semua kembali pada niat dan keyakinan masing-masing, tetap jaga kelakuan dan temukan keindahan.

Advertisement
Tags
batam Indonesia Jakarta Jawa Barat Kepulauan Seribu mistis pulau Riau
Share