Wanita Dilarang Masuk, Pulau Ini Malah Masuk Situs Warisan Dunia

Advertisement

Lembaga PBB, UNESCO kembali menetapkan beberapa tempat yang masuk sebagai situs warisan dunia. Keputusan yang diambil dalam sidang Komite Warisan Dunia UNESCO di Polandia pada tanggal 9 Juli 2017 ini berakhir dengan masuk pulau istimewa yang terbilang tersembunyi. Bukan di Indonesia, pulau tersebut berada di sebelah barat daya Jepang, lebih tepatnya terletak di Provinsi atau Perfektur Fukuoka.

Pulau kecil tersebut adalah Okinoshima yang memiliki kuil tua Okitsu-Miya. Menurut beberapa sumber, kuil tersebut dibangun pada abad ke 17 demi keselamatan para pelaut Jepang saat itu. Sayangnya, hingga saat ini Okinoshima masih ditutup untuk umum dan juga memiliki fakta unik di dalamnya. Bahkan, pulau tersebut dijaga ketat oleh pemerintah Jepang demi menjaga kelestarian. Tak hanya itu, wisatawan yang masuk ke dalam hanya dibatasi hingga 200 wisatawan. Itu pun, ada syarat tertentu yang harus dipatuhi.

Ritual Mandi di Pulau Okinoshima
Ritual Mandi di Pulau Okinoshima [image source]
Secara tegas, mereka menolak wanita yang berniat untuk berkunjung ke sana. Jika seseorang tertangkap tanpa izin mengunjungi tempat suci ini akan dikenakan tindak pidana. Hingga saat ini, tidak ada penjelasan mengenai larangan tersebut. Sementara para pria yang berniat menginjakkan kaki Pulau Okinoshima diharuskan menanggalkan seluruh pakaiannya untuk menjalani pembersihan. Ya, mereka diminta untuk mandi di laut agar suci saat masuk di pulau tersebut. Tak hanya itu saja, kunjungan merekapun hanya diterima setiap tanggal 27 Mei saja.

Hal unik lain yang membuat beberapa orang tercengang adalah larangan membawa sesuatu dari pulau ini. Itu pun berlaku mulai barang bersejarah hingga hal sepele seperti rantai maupun kerikil. Sekedar informasi, pulau ini terbilang sangat kaya. Dilansir dari situs resminya, Pulau Okinoshima memiliki ribuan artefak dari luar negeri yang dianggap sebagai harta karun nasional. Adapun penemuan tersebut berupa cermin dari dinasti Wei China, cincin emas dari Korea serta pecahan mangkuk kaca dari Persia.

Pulau Okinoshima di Jepang
Pulau Okinoshima di Jepang [image source]
Sebenarnya, pulau ini cukup potensial untuk dijadikan tujuan wisata. Apalagi ada beberapa situs bersejarah yang bisa mengenalkan budaya Jepang kepada dunia. Belum lagi dengan hutan atau juga pantainya yang cukup menarik perhatian. Sayang sekali, meski masuk sebagai situs warisan dunia tempat tersebut tetap tidak dibuka untuk kepentingan pariwisata. Nah, untuk kamu yang tengah liburan ke Jepang, ada baiknya mengunjungi destinasi wisata lainnya saja.

Advertisement
Tags
jepang pulau
Share