Tak Berpenghuni, Menjadi Pulau Paling Mematikan di Dunia

Advertisement

Dunia memang memiliki kehidupan yang beraneka ragam. Mulai dari ramainya perkotaan hingga pulau terpencil tak berpenghuni. Berbagai pesona alam tersebar diberbagai negara di dunia seperti Brazil salah satunya menyajikan indahnya taman nasional Lençóis Maranhenses. Sisi lain terdapat pulau tak berpenghuni sekitar 30 kilometer lepas pantai Sao Paolo menyimpan indahnya bebantuan dan hutan tropis yang cukup alami. Namun, hampir 100 persen traveler manapun tidak pernah menginginkan berwisata kepulau tersebut.

Snake Island Sao Paolo menjadi salah satu pulau paling mematikan didunia
Snake Island Sao Paolo menjadi salah satu pulau paling mematikan didunia. Foto via jagoanbanten.com

Pulau yang diberi nama Snack Island oleh pemerintah Brazil ini ternyata dihuni oleh puluhan ribu ular yang diantaranya paling berbisa didunia. Saking berbahayanya, pemerintah setempat melarang siapapun berkunjung ke pulau ini kecuali untuk penelitian. Salah satu jenis ular lancehead emas merupakan spesies ular viper paling mematikan didunia. Bisa yang dihasilkan untuk melumpuhkan mangsanya lebih kuat 5 kali dari ular daratan lainnya. Ini akan membunuh mangsanya tak lebih dari 30 detik.

lancehead emas salah satu jenis ular paling mematikan didunia
lancehead emas salah satu jenis ular paling mematikan didunia. Foto via infonamina.com

Banyak masyarakat Brazil yang berpendapat adanya ribuan ular dipulau ini akibat dari para bajak laut yang sengaja melempar beberapa ular ke pulau ini untuk melindungi hasil jarahan berupa umas. Namun pendapat ini dibantah oleh beberapa ilmuwan. Berbagai kisah para nelayan yang sengaja mendatangi pulau tersebut, meski berhasil kembali hingga pesisir Itanhaem namun apa daya, nyawanya tidak tertolong akibat bisa ular mematikan.

satu satunya bangunan mercusuar yang terdapat di pulau ular Sao Paolo
satu satunya bangunan mercusuar yang terdapat di pulau ular Sao Paolo. Foto via idntimes.com

Kisah lainnya adalah penjaga mercusuar, satu satunya bangunan yang berdiri ditanah pulau ular ini. Mercusuar ini sebagai alat untuk mengingatkan siapapun agar tidak mengunjungi pulau tersebut. Penjaga ini diserang oleh beberapa ular, dan naas nya ketika melarikan diri menuju pesisir ditengah perjalanan satu keluarga ini telah mati digigit oleh ular. Hingga kini mercusuar ini dikemudikan secara otomatis oleh Angkatan Laut Brazil.

Pulau dengan luas 44 hektar ini sudah ribuan tahun lamanya telah dihuni oleh ular-ular mematikan. Hingga kini pulau ini tidak pernah tersentuh oleh manusia bahkan tak pernah ada pembangunan apapun di pulau ini, menjadikan pulau ini sebagai rumah terbaik bagi ular. Kamu akan menemukan 1 hingga 5 ular setiap 1 meter persegi.

Burung menjadi salah satu makanan terbesar bagi ular ular di Snake island
Burung menjadi salah satu makanan terbesar bagi ular ular di Snake island. Foto via mamhtroso.com

Sebagian besar makanan ular-ular ini adalah burung-burung yang tidak sengaja hinggap diantara bebatuan dan ranting pohon. Beberapa jenis kadal liar hingga ular-ular ini memakan ular lainnya atau biasa disebut dengan kanibal. Meski berbahaya, jenis ular paling mematikan dengan nama Lancehead digolongkan menjadi hewan terancam punah. Karena perburuan ilegal oleh sekelompok yang tidak bertanggung jawab. Hingga pengrusakan habitat dengan pembakaran liar oleh petani pesisir Sao Paolo yang sengaja ingin membuka lahan untuk pertanian.

Advertisement
Tags
pulau mematikan travel warning Wisata Ekstrim
Share