Mudik Lewat Jalur Selatan Jawa, Ada Rekomendasi Rumah Makan yang Layak Disinggahi

Advertisement

Terdapat dua jalur mudik yang paling terkenal di pulau Jawa yaitu Jalur Pantura dan Jalur Selatan Jawa. Meski tidak sepopuler Pantura namun dalam beberapa tahun terakhir pemudik mulai melirik untuk pulang ke kampung halaman lewat jalur selatan. Ada rumah makan di sepanjang rute yang dilalui. Berikut 7 rekomendasi rumah makan di jalur selatan yang bisa kamu singgahi.

1. Rumah Makan Saung Situ, Purwakarta

Sate Maranggi [image source]
Jika kebetulan rute pulang kampungmu melewati kabupaten Purwakarta bisa tuh diagendakan singgah ke Rumah Makan Saung Pitu. Rumah makan ini tersedia untuk traveler yang ngidam ingin mencicipi sate maranggi. Rumah makan ini berada tepat di depan Situ Wanayasa, so kalian bisa sekalian rekreasi.

Lokasi : Purwakarta, Jawa Barat

2. Rumah Makan Mergosari, Ciamis

Rumah Makan Mergosari[image source]
Rumah Makan Mergosari menyajikan aneka menu Sunda. Beberapa yang sangat direkomendasikan untuk dipesan adalah ayam goreng serundeng, ayam goreng kampung yang ditaburi serundeng (parutan kelapa yang digoreng) disantap dengan sambel dadak yang rasanya leker. Selain itu ada juga garang asem, sop dengkul, pepes ikan dan pepes jamur. Jika mudik rame-rame pesan saja semua menu biar semua bisa dicicipi.

Lokasi : l. Banjar – Ciamis KM 5, Pamalayan, Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

3. Soto Ayam Jalan Bank Haji Loso, Purwokerto

Soto Ayam Jalan Bank Haji Loso [image source]
Soto ini berbeda dengan kuliner serupa kebanyakan. Dilihat dari tampilannya, soto ini sangat berantakan dengan potongan daging ayam kampung yang “berserakan” dan ditutupi dengan daun bawang serta aneka kerupuk. Tapi beda tampilan beda rasa, sekali mencicipi kuah sotonya dijamin traveler bakal langsung melahap habis satu mangkok yang tersaji. Yang berbeda dari soto jalan bank ini adalah sambalnya yang tidak memakai tomat melainkan kacang.

Lokasi : Jl. Wirya Armaja No.15, Kedungwuluh, Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

4. Mie Ongklok Pak Muhadi, Wonosobo

Mie Ongklok [image source]
Kedai Mie Ongklok Pak Muhadi berukuran lumayan besar yang kira-kira muat untuk 80 orang. Mie ongklok disajikan pada mangkok standar jika kita membeli mie ayam, sedangkan mangkok lainnya berisi sate daging sapi lengkap dengan bumbu kacangnya. Mienya pun tidak panjang-panjang alias sudah dicacah halus sehingga cukup mudah untuk dimakan meski tanpa menggunakan garpu.

Lokasi : Jl. Jend. Ahmad Yani No.1, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

5. Restoran Candisari, Kebumen

Candisari resto [image source]
Restoran Candisari cukup terkenal dan menjadi jujugan para agen wisata. Di rumah makan inilah kebanyakan rombongan wisata dari berbagai daerah beristirahat sambil menyantap makan siang atau makan malam. Menu makanan yang tersedia juga beragam dengan model prasmanan.

Lokasi : Jl. Raya Timur KM. 2, Karanganyar-Kebumen, Purwodeso, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

6. Warung Senerek, Magelang

Warung Senerek, Magelang [image source]
Ada Sop Senerek yang sudah menanti para pemudik yang melintasi kota Magelang. Sop Senerek ini sebetulnya berasal dari Snert Soup, sop ala Belanda. Namun sudah dimodifikasi agar sesuai dengan lidah orang Jawa. Jika tertarik mencicipi menu legendaris ini salah satu rumah makan yang rekomended adalah Sop Senerek Bu Atmo yang berada di tengah kota Magelang. Warung makannya sederhana dan di sana juga dijual menu lainnya yang kebanyakan adalah makanan khas Jawa.

Lokasi : Jalan Mangkubumi No.3, Cacaban, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah

7. Gudeg Mataram, Kutoarjo

Ilustrasi Gudeg [image source]
Gudeg akan dikemas dalam sebuah kendil untuk menjaga cita rasa dan mengawetkan gudeg itu sendiri. Namun sebelumnya gudeg yang terdiri dari sayur nangka, ayam kampung, telur ayam dan lain sebagainya akan dibungkus dulu secara terpisah agar tidak tumpah atau saling tercampur.

Lokasi : Jalan Diponegoro 138, Kutoarjo, Jawa Tengah.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat makan di sepanjang jalur lintas selatan pulau Jawa. Mungkin buat pemudik lain punya rekomendasi tambahan mengenai rumah makan di jalur ini?

Advertisement
Tags
kuliner kuliner ciamis kuliner Jogja Kuliner Magelang Mudik Ramadan
Share