Uniknya Cara Jepang Mengubah Kesan Kumuh, Tutup Saluran Got Dilukis Kartun

Advertisement

Membahas keunikan Jepang memang tidak akan pernah ada habisnya. Negara ini selalu punya cara istimewa untuk mengemas berbagai hal menjadi menarik, terutama bagi pelancong.

Pernah terpikirkan membuat saluran got terlihat instagenic? Nah, inilah salah satu inovasi terbaru Negeri Sakura. Tutup saluran got alias manhole dilukis gambar kartun hingga kelihatan cantik. Mau tahu sekeren apa? Yuk, baca ulasan berikut.

Jepang Punya Banyak Manhole

Tutup Saluran Got Menjadi Istimewa di Jepang via Instagram @shinobu.hirano
Tutup Saluran Got Menjadi Istimewa di Jepang via Instagram @shinobu.hirano

Sistem pembuangan air dan limbah modern sebelumnya bukan hal umum di Jepang. Sebab biaya pemasangan sistem saluran bawah tanah cukup mahal, terutama bagi penduduk di luar kota besar.

Namun kini, Jepang mempunyai saluran pembuangan air yang cukup teratur. Tidak heran jika di hampir tiap sudut kota terdapat manhole alias tutup lubang got. Namun tak ada yang istimewa dari tutup saluran air tersebut, terutama dari sisi estetika.

Mengubah Kesan Kumuh Menjadi Lucu

Tidak Ketinggalan Kartun Hello Kitty via Instagram @monkynibu
Tidak Ketinggalan Kartun Hello Kitty via Instagram @monkynibu

Melihat fenomena tersebut, Pemerintah Jepang lantas berinisiatif mengajak masyarakat membuat desain menarik di atas permukaan tutup manhole. Saking seriusnya upaya pemerintah, bahkan diadakan kompetisi khusus yang terbuka untuk semua kalangan.

Perlahan, manhole yang awalnya tak menarik berubah menjadi media seni untuk mengekspresikan identitas komunitas tertentu. Bahkan ada juga yang berhiaskan gambar karakter anime dan kartun. Saking kerennya, ada fotografer yang khusus mengabadikan keindahan tutup lubang got.

Kepopuleran seni melukis manhole lantas jadi topik menarik untuk dibahas. Hingga kini, sudah ada buku bertajuk Drainspotting: Japanese Manhole Covers. Selain itu ada komunitas Japanese Society of Manhole Covers. Mereka menjalankan situs website berisi daftar manhole di Jepang, yang jumlahnya sudah mencapai 6 ribuan.

Beragam Tema Gambar

Tema Floral via Instagram @manholecovers
Tema Floral via Instagram @manholecovers

Beragam tema diusung dalam seni melukis saluran got ini. Mulai dari gambar bernuansa floral seperti bunga Kamelia, landmark lokal, kuliner khas, hingga yang mengangkat tema sejarah.

Bisa Jadi Spot Foto Instagenic via Instagram @laura_kyoto
Bisa Jadi Spot Foto Instagenic via Instagram @laura_kyoto

Teman Traveler yang jalan-jalan di Jepang pasti akan menemukan manhole dengan desain khas kota masing-masing. Bahkan sampai ada tutup lubang got bergambar milik pribadi, dilelang dengan harga sampai Rp400 ribuan.

Setiap Gambar Punya Cerita Menarik

Manhole di Osaka via Instagram @manholecovers
Manhole di Osaka via Instagram @manholecovers

Setiap gambar di tutup saluran lubang got ini punya cerita menarik. Misalnya saja manhole cover di Perfektur Mie, Pulau Honshu yang menggambarkan ziarah ke kuil Ise. Kegiatan ini merupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu.

Selain itu ada pula yang mengusung bangunan ikonik seperti di Osaka. Tutup saluran lubang got di sana ada yang berhiaskan gambar indah Osakajo (Kastil Osaka).

Kalau liburan di Jepang, sepertinya boleh juga foto ‘bareng’ manhole unik dengan cerita menarik ini. Bagaimana menurut Teman Traveler kalau diaplikasikan di Indonesia,? Bakal bikin lebih peduli kebersihan nggak?

Advertisement
Tags
jepang Luar negeri Manhole Jepang tips dan inspirasi unik
Share