Keliling Danau Bareng Samosir Like Toba Ultra 2016, Sensasi Marathon Seru

Advertisement

Pariwisata adalah aset yang tak ternilai harganya. Nggak kalah dengan tambang dan hasil bumi lainnya, karena dengan pariwisata, nama sebuah daerah bisa jadi terkenal bahkan di seantero dunia. Indonesia adalah salah satu negara dengan surga alam yang begitu menawan. Nggak heran jika setiap tahunnya turis mancanegara yang datang ke Indonesia terus saja meningkat. Keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari usaha berbagai pihak dalam menarik para wisatawan. Salah satu upaya nyata terlihat dengan adanya rencana gelaran Samosir Like Toba Ultra tahun 2016.

Kegiatan tersebut adalah sebuah konsep sport tourism yaitu aktivitas olahraga yang bisa diikuti oleh para wisatawan sambil menikmati keindahan alam Indonesia, termasuk turis dari negara lain. Selain itu, hadiah yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Biar ngak makan penasaran dengan lomba lari marathon di Danau Toba dengan Pulau Samosirnya itu, simak ulasan berikut ini ya.

1. Ajang yang Paling Ditunggu-tunggu

Ajang lari marathon bertajuk Samosir Lake Toba Ultra 2016 bukanlah lomba biasa. Salah satu yang membuatnya jadi istimewa tentu saja adalah arena lomba yang terletak di tepi Danau Toba, Sumatera Utara. Selain itu, pertandingan ini juga dibuka untuk peserta dari luar negeri. Kamu akan berkesempatan bersaing dengan para bule memperebutkan hadiah yang lumayan besar lho.

Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Bisa dibilang, Samosir Lake Toba Ultra 2016  adalah marathon ultra paling ditunggu-tunggu oleh para peserta. Sampai saat ini, sudah ada ribuan peserta yang mendaftar dan rutusan di antaranya adalah turis luar negeri. Bukan suatu hal yang aneh jika banyak sekali yang antusias mengikuti lomba ini karena bukan hanya bisa lari, tapi juga menikmati alam toba dan aktivitas penduduk setempat yang begitu indah.

2. Marathon Bergengsi

Apakah kamu pernah mengikuti lomba lari marathon? Jika iya pasti paham betul dengan keseruan dan tantangannya. Apalagi jika kamu termasuk salah satu pecandu olahraga tersebut, wajib ambil bagian dan ikut serta dalam ajang Samosir Lake Toba Ultra 2016. Gelaran kelas internasional ini digadang-gadang jadi lomba bergengsi dengan keunikan tersendiri.

Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Tentu saja lelahmu tidak akan terlalu terasa jika jalur yang akan kamu lalu nanti memberikan suasana yang super keren. Ada beberapa kategori lari marathon yang diperlombakan. Mulai dari kelas  5 km, 10 km, 25 km dan yang terakhir  50 km. Meski jarak yang ditempuh berbeda, tapi semua kategori tersebut melewati desa-desa tradisional. Keseharian penduduk sekitar Danau Toba bisa dinikmati oleh para peserta lomba.

3. Memeriahkan Karnaval Kemerdekaan

Seperti yang kita ketahui jika pada Bulan Agustus Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Berbagai acara dan festival diadakan sebagai bentuk rasa syukur dan kebahagiaan karena merdeka berhasil ada digenggaman. Tahun kemarin karnaval kemerdekaan dipusatkan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Namun tahun ini berbagai festival meriah akan ada di Sumatera Utara.

Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Dengan tajuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, sekitar 3.500 peserta dari berbagai provinsi menampilkan ragam pertunjukan seni hingga pakaian adat. Tidak hanya itu, pada Bulan September acara pariwisata internasional juga akan membuat Danau Toba kembali menunjukkan tajinya di dunia internasional.

4. Menarik Perhatian Turis Mancanegara

Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Serangkaian promosi besar-besaran telah dilakukan oleh berbagai pihak termasuk Kementerian Pariwisata demi bisa mensuksesan Samosir Like Toba tahun 2016 kali ini. Upaya tersebut juga dilakukan di luar negeri lewat acara pameran marathon dunia yang tahun ini digelar di Australia. Acara bergengsi bertajuk Gold Coast Airport Marathon 2016 tersebut dimulai pada  30 Juni hingga 2 Juli 2016 lalu.

Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Baru dikenalkan saja, para turis Australia sudah antusias dan mengaku tidak akan melewatkan marathon di Danau Toba yang tinggal menghitung hari tersebut. ”Mereka sangat antusias akan mengikuti adu kecepatan dan ketahanan di Samosir Lake Toba Ultra Marathon. Alasan mereka mayoritas karena pecandu marathon suka view-nya Danau Toba dan satu-satunya Marathon yang mengelilingi Danau, rencananya even international kita itu akan dilaksanakan pada bulan September 2016,” kata I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata.

5. Kenapa danau Toba?

Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Samosir Lake Toba Ultra 2016 adalah perhelatan yang cukup keren dan akan memberikanmu sensasi dan pengalaman langka mengelilingi danau dengan pemandangan alam begitu luar biasa. Apalagi di tengahnya terdapat Pulau Samusir yang penuh dengan legenda. Akomodasi untuk para peserta telah disediakan di Pulau Samosir jadi kamu yang datang dari jauh nggak perlu khawatir.

Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Samosir Lake Toba Ultra 2016 [image source]
Danau Toba dan Pulau Samosir dipilih bukannya tanpa alasan. Tapi karena lokasinya yang selama ini telah menjadi daya tarik di kalangan wisatawan baik lokal maupun asing.  Apalagi dengan statusnya sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terdalam di dunia. Selain itu, juga merupakan danau vulkanik terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika.

Itulah beberapa ulasan tentang Samosir Lake Toba Ultra tahun 2016 yang akan diadakan nanti tanggal 17 September 2016. Mumpung masih jauh hari, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut soal pendaftaran di website resminya yaitu www.samosirultramarathon.com

Advertisement
Tags
danau toba Indonesia marathon Samosir Lake Toba ultra Sumatera Utara
Share