Bik Ngah, Sosok Penjual Sate di Singaraja yang Semangatnya Tak Termakan Usia

Advertisement

Singaraja merupakan kota cantik yang berada di kawasan utara Bali. Meski tak banyak wisatawan yang datang ke sini, objek wisatanya tak kalah mengagumkan. Apalagi kuliner lezat untuk mengisi perut. Di balik makanan enak di Singaraja, ternyata ada sosok yang terkenal dengan semangatnya berjualan. Siapa lagi kalau bukan Bik Ngah, penjual sate di pinggiran jalan. Penasaran dengan wanita ini? Yuk, simak ulasannya sekalian menu sate Bik Ngah yang bikin ketagihan berikut ini.

Jualan Sejak Tahun 1960

Bik Ngah, Penjual Sate di Singaraja
Bik Ngah, Penjual Sate di Singaraja via instagram/@rini.sulistyowati75

Pernah liburan ke Singaraja? Pasti tak asing lagi dengan sate Bik Ngah. Kuliner ini tidak hanya enak, tapi juga terkenal karena sosok penjualnya. Namanya Bik Ngah yang sudah berjualan sejak tahun 1960. Hingga saat ini mbah-mbah ini berjualan di Jalan Surapati, Singaraja sebelah Warung Siobak. Bukanya dari jam 4 sore hingga habis.

Bik Ngah, Sosok penjual sate di Singaraja
Bik Ngah, Sosok penjual sate di Singaraja via facebook/@Punapi Bali

Tetap Semangat Meski Tak Lagi Muda

Sosok Bik Ngah yang Pekerja Keras
Sosok Bik Ngah yang Pekerja Keras via instagram/@deliciousbali

Di balik senyumnya melayani pembeli, ternyata Bik Ngah tak mudah seperti wajah cantiknya. Wanita ini kini telah berusia lebih dari 80 tahun. Pun demikian, ia tetap semangat melayani pecinta makanan buatannya. Meski tubuh tak sekuat dulu, cita rasa sate Bali buatan Bik Ngah ini tak pernah berubah. Tetap enak dan difavoritkan banyak orang. 

Menu Spesial buatan Bik Ngah
Menu Spesial buatan Bik Ngah via instagram/@deliciousbali

Sate Spesial yang Menggugah Selera

Sate Bik Ngah
Sate Bik Ngah via instagram/@deliciousbali

Sangat sederhana, Bik Ngah menjualan dagangannya di depan teras toko. Modalnya hanya meja tua serta pemanggang sate. Konon, meja yang digunakan oleh Bik Ngah ini merupakan meja pertama ia berjualan. Hingga kini masih kokoh dan menjadi teman setianya berjualan. Spesialnya lagi varian sate yang ditawarkan. Ada sate sapi, sate sapi manis, sate kakul dan sate serapah. Semuanya enak dan nendang di lidah.

Sate Sapi Bik Ngah
Sate Sapi Bik Ngah via instagram/@deliciousbali

Bumbu Istimewa yang Bikin Nendang di Lidah

Sate Manis Bik Ngah
Sate Manis Bik Ngah via instagram/@deliciousbali

Dari banyaknya menu yang ditawarkan, sate serapah merupakan salah satu andalannya. Sajian ini terbuat dari kulit sapi yang direbus dengan bumbu bali pedas. Sate kakul atau siput pun juga tak kalah populer. Sajian makanan tersebut dihidangkan di atas daun pisang yang dipincuk. Tak lupa bumbunya yang nikmat dan sedap. Jadi ngiler melihat menu buata Bik Ngah ini kan?

Sate manis
Sate manis via instagram/@boy86_86

Itulah sosok penjual sate yang legendaris di Singaraja. Bagaimana, tertarik untuk mencoba sate Bik Ngah ini kan? Yuk, liburan ke Singaraja dan jelajah objek wisatanya yang mengagumkan.

Advertisement
Tags
Bali Indonesia kuliner bali singaraja
Share