Sate Maranggi Ceu Loli Bogor, Aromanya Bikin Nagih

Advertisement

Sate atau satai adalah sebuah istilah untuk makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Di Indonesia, banyak sekali varian sate, namun ada satu jenis sate yang diakui kelezatannya hingga mancanegara yaitu Sate Maranggi.

Sate Maranggi yang lezat hanya di Ceu Loli Bogor. Foto via pergikuliner.com

Popularitas Sate Maranggi kali ini semakin mendunia, apalagi sajian sate dikenalkan oleh Presiden Jokowi dalam acara CEO di Korea Selatan pada tahun 2016 lalu. Kelezatan Sate Maranggi memang cocok dengan lidah dan selera siapa saja, terbukti dengan terpilihnya Sate Maranggi sebagai salah satu makanan terenak menurut Kemenparekraf pada 14 Desember 2012 lalu. Hingga terpilih menjadi satu dari 8 jajanan kaki lima favorit versi CNN.

Sate maranggi dengan sajian bumbu sambalnya yang menggoda selera. Foto via tripadvisor.com

Saking tenarnya, kamu bakal mudah menemukannya diberbagai kota di nusantara. Namun tingkat kelezatannya berbeda-beda, tergantung pada jenis daging, bumbu hingga cara memasaknya. Termasuk di kota Bogor, yang kini menjadi daerah tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya. di kota hujan ini, ada penjual Sate Maranggi yang mulai terkenal karena citarasanya yang nikmat, yaitu Sate Maranggi Ceu Loli yang berlokasi Jl. Pandu Raya No.3, RT.1/RW.13, Tegal Gundil, sebuah kawasan wisata kuliner terpopuler di kota Bogor, Sate Maranggi Ceu Loli tergolong mudah di jangkau.

tempat sate Maranggi Ceu Loli Bogor. Foto via pergikuliner.com

Citarasanya sangat nikmat, berkat bumbu yang meresap sempurna ke dalam daging. Dan tetap mantap, walaupun disantap tanpa bumbu tambahan. Kunci kelezatannya terletak pada daging sapi yang melalui proses perendaman dalam jangka waktu tertentu, dalam bumbu yang mengandung beragam rempah. Kemudian pada sate dibakar, bumbu juga terus dioleskan ke atas daging. Untuk pengunjung yang tidak suka daging sapi, tersedia menu berbahan dasar ayam yang diolah menjadi berbagai hidangan  yang menggoda selera.

sajian sate dengan tomat yang segar. Foto via gofood.com

Untuk minumannya ada pilihan Es Jeruk, Es Kelapa Jeruk, Es Jeruk Sonkit dan Es Timun dengan campuran gula murni jeruk nipis, sungguh pilihan menu yang tepat. Khususnya es dari timun atau sering disebut juga dengan mentimun, karena mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan elektrolit kalium pada mentimun dapat mengurangi retensi air yang diinduksi natrium, dengan demikian dapat menurunkan tekanan darah, usai menyantap Sate Maranggi.

Advertisement
Tags
kuliner bogor Kuliner Nusantara kuliner tradisional Wisata Kuliner
Share