5 Cara Mudah Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh Selama Traveling

Advertisement

Traveling itu dapat diartikan dengan bepergian ke suatu tempat untuk menikmati segala hal yang tidak ditemui sebelumnya atau memecah kejenuhan akan rutinitas sehari-hari dengan melakukan banyak aktivitas selama itu. Sayangnya, tidak jarang ada orang yang sakit ketika melakukan traveling. Mulai dari sakit dalam taraf biasa, seperti ‘masuk angin,’ sakit kepala sampai dengan yang cukup mengkhawatirkan. Tentunya Anda pun tidak ingin acara traveling tersebut terganggu karena tubuh yang tidak fit, bukan?

Oleh karenanya, butuh tubuh yang prima sebelum memulai sampai dengan ketika perjalanan sudah berlangsung. Nah, berikut ini adalah beberapa cara agar Anda tetap fit, bugar dan sehat selama perjalanan.

1. Tetaplah aktif

Untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar tidak hanya perlu pergi ke gym saja, dengan bepergian pun Anda masih dapat melakukan olah tubuh dan gerak sehingga kebugaran tetap terjaga. Ketika melakukan traveling, dianjurkan untuk tetap aktif.

Lebih aktif dengan berjalan kaki [image source]
Lebih aktif dengan berjalan kaki [image source]
Seperti mengurangi bepergian dengan menggunakan angkutan atau kendaraan, melainkan lebih memilih jalan kaki. Selain dapat menyehatkan tubuh dan membuat keringat keluar, Anda juga akan lebih menikmati tempat yang dikunjungi.

2. Makan makanan sehat

Bukan menjadi rahasia lagi apabila menginginkan tubuh sehat, maka makanan yang diasup juga harus sehat. Oleh karenanya, hindari junk food ketika berada di tempat atau negara lain. Ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap prima.

Makan-makanan yang sehat [image source]
Makan-makanan yang sehat [image source]
Selain mengonsumsi makanan sehat atau yang diproses secara alami, Anda juga harus memperhatikan pola dan waktu makan. Jangan berlebihan atau juga terlambat makan. Menjadi satu hal yang percuma ketika makanan yang Anda konsumsi adalah sehat, sedangkan dalam pengonsumsiannya ternyata tidak teratur.

3. Berolahraga

Bukan menjadi satu hal yang memusingkan atau susah dengan dalih sedang berada di tempat atau negara asing, olahraga juga masih dapat Anda lakukan kapan dan di mana saja. Bahkan hanya di dalam kamar tidur hotel atau penginapan.

Berolahraga saat traveling [image source]
Berolahraga saat traveling [image source]
Melakukan strecthing atau peregangan, lari-lari kecil, berjalan kaki, berlari, sit-up, push-up dan sejenisnya, juga termasuk bagian dari olahraga ringan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Lakukan secara teratur, setidaknya 30 menit setiap harinya.

4. Istirahat

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan beristirahat, maka kebugaran tubuh dan kesehatan badan akan terjaga. Semakin banyak dan berkualitas istirahat dan tidur yang Anda dapatkan, maka semakin bagus pula sisi kesehatan yang akan Anda terima.

Istirahat atau tidur yang berkualitas [image source]
Istirahat atau tidur yang berkualitas [image source]
Setidaknya, hindari begadang, makan makanan berat sebelum tidur, mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang dan mengatur jam tidur sekurang-kurangnya 7-8 jam setiap harinya. Dengan begitu maka kualitas istirahat atau tidur yang diharapkan juga dapat terlaksana.

5. Hindari stres

Traveling dilakukan salah satu tujuannya adalah untuk menghindari stres. Namun ada kalanya seseorang justru mendapatkan stres ketika bepergian. Oleh karenanya, Anda harus benar-benar memiliki anger management yang bagus agar dapat menghindari munculnya stres.

Hindari Stres [image source]
Hindari Stres [image source]
Stres dapat merusak suasana dan tentunya mengacaukan kesehatan mental yang berimbas pada fisik. Jika kesehatan mental dan fisik Anda terganggu, maka liburan Anda menjadi tidak menyenangkan.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, maka acara liburan, berwisata atau traveling Anda akan lebih menyenangkan. Ditambah lagi dengan bugar dan sehatnya tubuh selama bepergian ke tempat atau negara lain. Selamat mencoba.

Advertisement
Tags
berolahraga Gangguan kesehatan saat traveling kebugaran stres tips sehat selama traveling traveling sehat
Share