Setu Babakan Salah Satu Desa Wisata Pekampungan Budaya Betawi

Advertisement

Desa Wisata Perkampungan Betawi yang terletak di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan ini menjadi salah satu Desa Wisata yang terpilih masuk ke dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi ini merupakan tempat yang difungsikan untuk melestarikan kebudayaan Betawi, sehingga banyak sekali kebudayaan masyarakat Betawi dapat kalian jumpai di sini.

Salah satu pusat perkembangan budaya betawi di Jakarta. Foto via pikiranrakyat.com

Salah satu tradisi yang cupuk terkenal adalah Palang pintu. Tradisi ini merupakan tradisi bagian dari upacara pernikahan masyarakat Betawi. Palang pintu ini sendiri merupakan penggabungan antara seni beladiri dengan seni sastra pantun. Dalam tradisi ini, jawara yang bertindak sebagai perwakilan dari mempelai laki – laki dan mempelai perempuan akan saling menunjukan kebolehan mereka memperagakan gerakan seni beladiri silat dan juga melontarkan pantun satu sama lain. Setelah menunjukan beberapa gerakan silat dan saling berbalas pantun, barulah rombongan mempelai pria bisa masuk ke area rumah mempelai wanita untuk melanjutkan prosesi pernikahan.

Panorama setu Babakan dari atas. Foto viaasaljeplak.my.id

Tradisi Palang Pintu ini menyimbolkan ujian yang harus dilalui oleh mempelai laki – laki untuk meminang pihak perumpuan. Jawara dari daerah asal laki – laki harus bisa mengalahkan jawara yang berasal dari daerah tempat tinggal sang mempelai wanita.

Masih banyak adat istiadat dan kebudayaan dari masyarakat Betawi yang bisa kalian jumpai di Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi ini sebut saja, Aqiqah, Injank Tanah, hingga Ngarak Penganten Sunat.

Selain Bank Sampah dan juga budaya Betawi yang bisa kalian temukan di desa wisata ini. Kalian juga bisa menemukan daya Tarik wisata lainnya. Wisata air contohnya, ada dua setu yang berada di desa ini yaitu Setu Babakan dan juga Setu Mangga Bolong yang kemudian dimanfaatkan untuk wisata air seperti Sepeda Air, Olahraga Kano, dan juga Memancing.

Selain itu juga masyarakat Betawi juga terkenal dengan kulinernya yang khas yang tentu saja dapat kalian temukan di sini. Sebut saja Kerak Telor, Laksa, Es Selendang, Toge Goreng dan juga Bir Pletok yang tentu saja akan memanjakan lidah kalian. Batik khas Betawi juga bisa kalian temukan di sini, batik Betawi mempunya ciri khas dengan warna yang mencolok dan juga motifnya yang menggambarkan tentang kebudayaan Betawi.

pintu masuk setu babakan yang tampak vintage. Foto via fajar.com

Buat kalian yang suka dengan agro wisata juga tidak akan kecewa dengan desa wisata yang satu ini, karena Desa Wisata Permkampungan Budaya Betawi ini memiliki Kampung Alpuka di mana para pengunjung dapat mendapatkan pengalaman untuk memetik buah alpukat sendiri. Apalagi buat kalian yang memang penduduk Kota Jakarta rasanya Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi ini bisa menjadi kunci kamu untuk menghilangkan penat.

Advertisement
Tags
Perkampungan Budaya Betawi wisata betawi Wisata Budaya wisata jakarta
Share