Kebun Teh Sirah Kencong, Wisata Blitar yang Penuh Kesegaran

Advertisement

Berwisata ke kebun merupakan favorit banyak orang, baik kalian yang pencinta alam maupun traveler pada umumnya. Seperti hamparan tanaman teh yang menyegarkan mata, ditambah cuaca yang dingin memang menjadi daya tarik bagi beberapa orang.

Pemandangan pada kebun teh sirah kencong (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Kali ini kita akan membahas wisata pegunungan yaitu Kebun Teh Sirah Kencong yang terletak di dataran tinggi di kabupaten Blitar tepatnya di Desa Ngadirenggo kecamatan Wllingi. Saya sendiri telah 2 kali ke tempat ini dan tetap tidak merasa bosan akan keindahan alamnya dengan hamparan tanaman teh yang menyejukkan mata.

Akses yang mudah dan nyaman (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Akses menuju ke lokasi perkebunan teh ini sudah sangat nyama. Perjalanan akan menyenangkan karena melewati jalur aspal yang mulus dan papan informasi yang banyak dan mudah.

Terlihat sejuk dan nyaman kan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tapi pastikan kendaraan teman-teman traveler dalam kendaraan prima ya, karena jalan yang terus menanjak dan beberapa titik dengan ketinggian yang lumayan berat dan kelokan ekstim.

Namun jangan kuatir, selama perjalanan menanjak yang panjang teman traveler akan ditemani deretan pemandangan indah mulai dari kebun sengon, cengkeh hingga kopi yang berjejer rapi selama perjalanan. Bagi yang tidak tau lokasi industri greenfileds teman traveler juga akan melewatinya dan sebagai tanda bahwa perkebunan Teh sirah Kencong sudah dekat.

Lumayan tinggi ya (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Berada di ketinggian 1178meter di atas permukaan laut, membuat tempat ini terasa begitu dingin dengan udara yang lembab dan berat. Kelokan demi kelokan saya nikmati dengan perlahan sembari menikmati vegetasi tanaman berumur tua sebagai pagar alami jalan.

Beberapa tanaman hias sudah menyambut di pos masuk (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tiba di pos utama saya disambut mbak cantik yang menyerahkan karcis masuk area Sirah Kencong. sumringah pastinya ketika dapat melihat kembali area hamparan tumbuhan hijau yang berdiri sama rata ini sepanjang pandangan mata. Kontur berbukit menambah indah lukisan Sang Maha Pencipta di tempat ini.

Salah satu spot terbaik (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Menengok di ketinggian saya melihat beberapa wisatawan telah berada
di spot foto berbentuk mirip pesawat dan diantaranya di antara tumbuhan
teh serta pos peristirahatan. Saya bergegas hendak menuju ke air terjun
melewati kali kecil  bebatuan yang bisa dilewati sepeda motor, namun sayang pengelola menutupnya saat itu karena kondisi licin dan dapat membahayakan pengunjung.

Advertisement
Tags
sirah kencong wisata blitar
Share