SJ88, Mendaki di Bukit Mentari Jember Picu Adrenalin

Advertisement

Jember salah satu kota diJawa Timur yang dikenal sebagai negeri serbu gumuk. Dalam bahasa Indonesia gumuk berarti bukit. Secara geografis, kota Jember berada di lingkaran perbukitan yang berada di kaki gunung Argopuro dengan gunung Raung. Sehingga mulai menjamur wisata wisata dengan konsep perbukitan yang asri dan kian sejuk. Salah satu bukit wisata yang terkenal di Jember adalah bukit SJ88 atau Bukit Mentari yang terletak di Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Bebatuan menjulang tinggi nan gagah di Wisata SJ88 Jember. Foto via instagram @sarah.alfaroq

SJ88 memiliki kepanjangan dari Sucopangepok Jelbuk 880 dimana nama bukit itu sebagai nama daerah dan 88 adalah ketinggian dari bukit tersebut berada di ketinggian 880 meter diatas permukaan laut. Untuk menuju tempat wisata ini hanya diperlukan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Jember ke arah jalan raya Bondowoso. Jalannya sudah baik, sehingga dapat dilalui kendaraan rosa 2 maupun roda 4 dengan lancar.

Salah satu gardu pandang disisi pohon wisata SJ88 Jember. Foto via instagram @duwiwrd_

Saat memasuki Desa Sucopangepok akses jalan mulai tidak rata dan banyak jalan berlubang. Untuk itu teman traveler harap berhati ahti terlebih jalanan disana berlika luki serta licin disaat musim hujan. Sampai tempat parkir teman traveler seketika dimintai tarif parkir di awal dengan tarif Rp. 5.000. Diarea ini sejumlah warung makan dan camilan siap menjajakan untuk kamu yang mulai terasa lapar atau berbekal sebelum ke puncak Bukit.

Sunrise di puncak Bukit SJ88 Jember sangat menakjubkan. Foto via instagram riiidone__

Di puncak SJ88 keindahan alam siap menemani mu dikahir pekan. Bentang alam kota Jember dan hutan hijau perbukitan kecil yang indah membuat siapa saja terpana. Salah satu tempat iconic di SJ88 adalah batu yang menjulang tinggi dan papan kayu di pepohonannya. Banyak wisatawan yang rela mengantre demi mendapatkan foto di spot tersebut. Selain panorama yang indah, jika cuaca sedang cerah akan disambut oleh suasana sejuk khas desa di ketinggian gunung atau dataran tinggi. Apalagi saat teman traveler datang dipagi hari menikmati sunrise yang sangat indah.

Jalur menuju puncak batu yang terjal, sangat disanrankan untuk fokus dan tetap berhati ahti. Foto via instagram @riiidone__

Tak hanya itu, berjejer beberapa spot indah seperti payung payung yang digantung sepanjang jalan menuju atas bukit. Disamping jalan juga disediakan bangku bangku dan hammock untuk pengunjung yang ingin berintirahat setelah perjalanan pendakian. Nah, jalur pendakian menuju atas Bukit SJ88 ini tergolong terjal. jadi sangat direkomendasikan menggunakan alas sepatu kets atau sepatu gunung atau sandal gunung dengan sol sepatu/sandal yang kasar.

Advertisement
Tags
Pesona alam indonesia sunrise wisata jawa timur Wisata Jember wisata nusantara
Share