Liburan Keren Bersama Sleeper Train KAI, Serasa Jadi Sultan

Advertisement

Momen libur memang menjadi lebih seru ketika berlibur keluar kota. Apalagi disertai dengan menikmati perjalanan menggunakan kereta api sleeper train. Rasanya tidak ingin cepat sampai ketika kamu sudah berada didalam kabin kereta api ini. Mungkin kamu sudah mengetahuinya sejak beberapa tahun terakhir ketika Kereta Api Indonesia meluncurkan gerbong baru. Nah salah satu fasilitas paling keren bagi penumpang adalah spleeper train.

Kereta Api Indonesia sleeper train luxury 1
Kereta Api Indonesia sleeper train luxury 1. Foto via travelmakerindonesia.com

PT. Kereta Api Indonesia menyuguhkan dua jenis sleeper train yaitu Luxury 1 dan Luxury 2. Kemewahannya jangan diragukan lagi ya teman traveler. Dijamin kamu bakal menikmatinya sepanjang perjalanan. Bahkan enggan untuk cepat cepat sampai dikota tujuan. Nah, apa saja sih fasilitas yang ditawarkan bak Sultan ini? Coba simak ulasan dibawah ini.

KAI Sleeper Train

PT Kereta Api Indonesia mengeluarkan dua jenis sleeper train dengan nama Luxury 1 dan Luxury 2. Yang membuat beda dari kedua jenis sleeper tarin ini adalah jumlah bangku, dimana Luxury 1 berjumlah 18 bangku dan Luxury 2 berjumlah 26 bangku. Luxury 1 menempati ruang lebih besar karena bisa untuk selonjoran layaknya tidur diranjang. Privasi penumpang lebih tertutup karena memiliki pembatas antar penumpang lainnya. Letak bangku penumpang berformasi satu-satu, sehingga hanya berjumlah 9 disisi kanan dan 9 disisi kiri.

Kereta Api Indonesia sleeper train luxury 2 dengan kapasitas hanya 26 bangku per gerbong
Kereta Api Indonesia sleeper train luxury 2 dengan kapasitas hanya 26 bangku per gerbong. Foto via len-dairy.com

Untuk Luxury 2 memiliki formasi bangku dua satu, dimana sisi kanan berjumlah 2 bangku dan sisi kiri berjumlah 1 bangku. Meski lebih sempit daripada Luxury 1 fasilitasnya akan tetap sama seperti luxury 1. Namun untuk bangku yang disandarkan di luxury 2 tidak sampai 170 derajat layaknya luxury 1.

Fasilitas

Fasilitas yang tawarkan memang seperti pesawat kelas bisnis. Mulai kursi yang bisa disandarkan hingga 140 derajat sampai 170 derajat secara elektrik. Tersedia juga sandaran kaki, televisi disetiap bangku, cokokan USB charging, Meja makan per bangku, selimut, handuk wajah, lampu baca, hingga, train attendance button.

Salah satu fasilitas minibar yang tersedia di gerbong luxury
Salah satu fasilitas minibar yang tersedia di gerbong luxury. Foto via idntimes.com

Tak hanya itu, kamu sebagai penumpang akan mendapatkan makanan berat, minuman, dan makanan penutup untuk sekali perjalanan. Menarinya, diujung gerbong tersedia minibar yang menyediakan minuman dan snack untuk penumpang.

Rute Pejalanan Sleeper Train

PT Kereta Api Indonesia hanya menyediakan KAI Luxury 1 dan 2 hanya di pulau Jawa. Berikut rute yang ditawarkan Kereta Api Indonesia.

  1. Argo Bromo Anggrek Luxury 1 melayani perjalanan Gambir-Surabaya Pasar Turi PP
  2. Taksaka Luxury 1 melayani perjalanan Gambir-Yogyakarta PP
  3. Argo Lawu Luxury 2 melayani perjalanan Gambir-Solo PP
  4. Argo Dwipangga Luxury 2 melayani perjalanan Gambir-Solo PP
  5. Gajayana Luxury 2 melayani perjalanan Gambir-Malang PP

Harga Tiket

aplikasi KAI akses untuk pembelian tiket kereta api
aplikasi KAI akses untuk pembelian tiket kereta api. Foto via primaradio.co.id

Kemewahan sleeper train pastinya karena setara dengan budget yang dikeluarkan. Harga tiket sleeper train dipatok mulai dari Rp. 800.000 hingga Rp. 1.200.000 untuk sekali jalan bergantung dengan rute yang dipilih. Kamu bisa mendapatkan tiket sleeper train melalui aplikasi KAI Akses atau aplikasi tiket online lainnya.

Advertisement
Tags
Kereta api Kereta Api Wisata Mewah Wisata Indonesia wisata kereta
Share