Tempat Makan Serba Sop Buntut di Bogor, Hangat-hangat Nikmat

Advertisement

Bogor dikenal juga sebagai Kota Hujan lantaran memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Dengan curah hujan yang cukup tinggi itulah, Bogor memiliki suhu yang dingin. Jika traveling ke kota hujan ini, ada baiknya untuk mengkonsumsi kuliner Bogor yang hangat supaya membuat perjalanan makin semangat. Semangkuk sop buntut yang masih hangat sepertinya cocok sekali disantap saat sedang berada di Bogor ya. Mari kita lihat daftar sop buntut di Bogor yang bisa didatangi.

1. Sop Buntut Ma’emun

Sop Buntut Ma’emun, Via Instagram dindi_dini
Sop Buntut Ma’emun, Via Instagram dindi_dini

Tempat makan sop buntut yang cukup legendaris di Bogor adalah di Sop Buntut Ma’emun. Nama Ma’emun ini ternyata berasal dari nama Siti Maemunah, yang juga biasa dipanggil dengan Mak Emun oleh anak-anak dan orang di sekitarnya. Meskipun Mak Emun sudah meninggal, tetapi dilanjutkan oleh anak dan cucunya.

Ciri Khas sop buntut di sini adalah dagingnya yang empuk sangat mudah terlepas dari tulangnya, tapi meskipun begitu masih menyisakan sedikit kekenyalan. Di Bogor ada beberapa Sop Buntut Ma’emun yang bisa kamu cicipi kelezatannya. Sala satunya yakni yang berada di Jl. Bangbarung Raya.

2. Sop Buntut Mang Endang

Sop Buntut Mang Endang, Via Instagram stanzazone
Sop Buntut Mang Endang, Via Instagram stanzazone

Tidak kalah dengan Sop Ma’emun, tempat makan satu ini juga menawarkan hidangan hangat yang mengguga selera. Sop Buntut Mang Endang ini bisa dibilang turunan dari Sop Buntut Ma’emun. Karena Mang Endang adalah cucu Mak Emun. Lokasinya berada di Jl. Sudirman No. 60 A, Bogor. Memang bisa dibilang Sop Ma’emun sangat terkenal di kota Bogor, sehingga para cucu yang meneruskan usahannya masih membawa embel-embel nama Ma’emun.

3. Sop Buntut Ibu Henny

Sop Buntut Henny, Via Instagram sopbuntuthenny
Sop Buntut Henny, Via Instagram sopbuntuthenny

Lokasi lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan jika ingin mencicipi seporsi sop buntut hangat di Bogor adalah di Sop Buntut Ibu Henny. Tempatnya berada di Jl. Sukasari 1 No. 4, Bogor Timur. Dengan mengusung tagline “Dijamin Enak, Tidak Enak Gratis,” tempat makan ini memang benar-benar menyuguhkan sop buntut dengan rasa mak nyuss. Ada sop buntut kuah dan sop buntut bakar.

Dalam seporsi sop biasanya akan ada tiga potong buntut sapi dengan kuah agak keruh. Kemudian dipadu dengan sayur mayur seperti halnya kentang, irisan wortel, daun bawang dan juga daun seledri. Kelezatannya makin istimewa dengan taburan bawang goreng, perasan jeruk nipis dan juga sambal.

4. Sop Buntut Babeh

Sop Buntut Babeh, Via Instagram sopbuntutbabeh
Sop Buntut Babeh, Via Instagram sopbuntutbabeh

Sop Buntut Babeh berada di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor. Menu yang ditawarkan cukup beragam, ada sop buntut, sop iga, sop kaki, sop baso, menu ayam dan lain sebagainya. Dalam seporsi sop buntut di sini, biasanya akan ada kentang, wortel, buntut sapi, kacang merah, irisan daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng yang membuat citarasanya makin gurih.

Untuk menyusuri berbagai loaksi wisata di Bogor, ada baiknya menyantap seporsi sop buntut nikmat dari salah satu tempat makan yang disuguhkan di atas ya. Supaya perjalananmu tetap berenergi dan bisa menghangatkan tubuh di lokasi yang adem.

Advertisement
Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat kuliner bogor sop buntut di Bogor
Share