7 Soto Banjar dengan Citarasa Otentik di Banjarmasin

Advertisement

Kamu bisa menyantap soto banjar di Jakarta, Surabaya, atau Bali sekalipun. Namun, menikmati kuliner ini langsung dari sumbernya tentu jadi pengalaman yang berbeda. Bumbu yang otentik, cita rasa yang khas, serta suasana sekitar yang unik akan membuatmu betah dan ingin nambah meski perut sudah kenyang.

Jika kamu adalah pencinta kuliner sejati apalagi ingin mencicipi langsung dari asalnya, ayo menjelajah Banjarmasin. Mari telusuri warung-warung yang menyajikan keaslian rasa soto banjar yang menggoyang lidah. Sudah siap?

1. Soto Bang Amat

Soto Bang Amat [image source]
Ke Banjarmasin tanpa menyantap soto banjar sama halnya ke Surabaya tanpa sate klopo. Rugi! Kalau kamu sedang menghabiskan waktu ke kota ini, disarankan untuk mencoba lezatnya soto banjar Bang Amat. Kamu bisa menyantapnya dalam satu porsi super lengkap dengan lauk yang beraneka ragam. Oh ya, di warung ini kadang diadakan pertunjukan musik tradisional yang menghibur tamu-tamu yang sedang menikmati suap demi suap potongan lontong, kuah, mie dan telur.

Soto Bang Amat, Banjarmasin [image source]
Nama: Soto Bang Amat

Alamat: Jl. Banua Anyar No.6, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Tim., Kota Banjarmasin, kelurahan 70121, Indonesia

No. Telepon: +62 511 7705004

Jam Operasional: 08.00-18.00

2. Soto Banjar H.Anang Ayam Bapukah

Soto Banjar H.Anang [image source]
Namanya juga di Banjarmasin, jadi wajar kalau banyak warung yang menyajikan hidangan khas ini.  Meski begitu, warung yang terletak di kawasan Sungai Baru ini menyajikan topping ayam pada soto banjar dengan cara yang berbeda. Tidak diiris tipis dan ditabur di atasnya tapi tapi disajikan utuh di piring terpisah. Mengenai rasa, jangan ditanya, tempat ini selalu ramai sebagai destinasi sarapan warga Banjarmasin.

Soto Banjar H.Anang Ayam Bapukah [image source]
Nama: Soto Banjar H.Anang Ayam Bapukah

Alamat: Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70122, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: 06.00-16.00

3. Soto Rina Kuin Pertamina

Soto Rina Kuin Pertamina [image source]
Tempat soto banjar selanjutnya yang bercitarasa otentik adalah Soto Rina Kuin Pertamina. Terletak di sekitaran Kuin Cerucuk, warung ini menyediakan soto banjar yang sederhana tapi sangat menggoda. Salah satu daya tarik dari warung ini adalah adanya sate yang sering dijadikan teman makan yang pas!

Soto Rina Kuin Pertamina, Banjarmasin [image source]
Nama: Soto Rina Kuin Pertamina

Alamat: Jl. Kuin cerucuk No.32, Kuin Cerucuk, Banjarmasin Bar., Kota Banjarmasin, kelurahan 70127, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: 08.00-15.00

4. Soto Bawah Jembatan

Soto Bawah Jembatan [image source]
Meski lokasinya tidak terlalu besar, warung Soto Bawah Jembatan ini selalu ramai didatangi oleh penikmatnya. Setiap pagi, puluhan orang datang  ke sini untuk makan sambil melihat aliran Sungai Martapura. Oh ya, yang membuat warung ini unik adalah bumbu kuahnya yang dipenuhi rempah dan taburan telur bebek yang super gurih.

Soto Bawah Jembatan, Banjarmasin [image source]
Nama: Soto Bawah Jembatan

Alamat: Jl. Banua Anyar, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, 70239, Indonesia

No. Telepon: +62 511 3274246

Jam Operasional: 07.30-21.00

5. Soto Banjar Pal 1

Soto Banjar Pal 1 [image source]
Ciri khas dari Soto Banjar Pal 1 adalah side dish perkedelnya yang gurih dan mampu menyatu dengan kuah yang bening. Selain perkedal, sate juga menjadi sajian yang tepat untuk membuat kuliner ini menjadi lebih sempurna. Soto Banjar Pal 1 adalah salah satu pilihan terbaik bagi kamu yang haus akan keaslian rasa ala Borneo.

Soto Banjar Pal 1, Banjarmasin [image source]
Nama: Soto Banjar pal 1

Alamat: Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70122, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: 08.00-18.00

6. Warung Pondok Bahari

Warung Pondok Bahari [image source]
Warung Pondok Bahari sebenarnya bukan rumah makan yang menyediakan soto banjar secara eksklusif. Di warung ini kamu masih bisa mendapatkan aneka kuliner lain seperti olahan hasil laut. Meski bukan restoran khusus soto banjar, sajian khas Banjarmasin di warung ini cukup nikmat dan yang paling penting, warung buka 24 jam non-stop. Cocok untuk mengganjal perut di tengah malam atau sarapan usai matahari terbit.

Warung Pondok Bahari, Kalimantan Selatan [image source]
Nama: Warung Pondok Bahari

Alamat: Jalan Simpang Kapten Piere Tendean No. 108, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, kelurahan 70231, Indonesia

No. Telepon: +62 511 3253688

Jam Operasional: 24 jam

7. Warung Soto Dan Sate Pahlawan

Warung Soto Dan Sate Pahlawan [image source]
Warung terakhir yang wajib masuk dalam itinerary wisata kuliner kamu saat menjelajahi Banjarmasin adalah Warung Soto Dan Sate Pahlawan. Sajian khas dari warung yang terletak di Jalan Pahlawan ini adalah soto banjar dengan bumbu yang khas, bahkan sampai meresap ke daging ayam dan sate ayam yang sangat cocok sebagai teman makan. Ke Banjarmasin tanpa nguliner ke sini? Yakin?

Warung Soto Dan Sate Pahlawan, Banjarmasin [image source]
Nama: Warung Soto Dan Sate Pahlawan

Alamat: Jl. Pahlawan, Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, 70231, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: Pagi hingga malam hari.

Itu dia paling nikmat dan tentu saja otentik di Banjarmasin. Pokoknya, kalau kamu sedang di Banjarmasin atau sekitarnya, wajib dan harus mampir ke salah satu restoran atau warung di atas. Beritahu kami pengalamanmu saat mencicipi lezatnya soto banjar di sana ya!

Advertisement
Tags
banjarmasin kuliner kuliner banjarmasin Soto wisata banjarmasin
Share