Stadion Bola Paling Aneh di Dunia, Salah Satunya di Asia

Advertisement

Stadion menjadi salah satu tempat berkumpulnya manusia paling banyak ketika terdapat pagelaran. Tak lain acara olahraga menjadi dominan diadakannya di stadion. Dan sudah bukan hal umum lagi bila stadion menjadi perhatian lebih bagi penggemar sepak bola. Bahkan bangunan stadion bisa menjadi ikon kota itu sendiri.

Banyak stadion yang dibangun diarea yang luas, serta ditempat dengan akses yang mudah. Namun, ada sebagian stadion yang dibangun secara unik hingga terkesan aneh. Yuk simak bersama!

Stadion Marina Bay di Singapura

Stadion Marina Bay di Singapura menjadi salah satu stadion paling unik didunia
Stadion Marina Bay di Singapura menjadi salah satu stadion paling unik didunia. Foto via anongallery.com

Stadion yang sering disebut sebagai stadion apung ini berdiri disekitaran teluk buatan wilayah perairan Singapura. Negara kecil ini sengaja membuat stadion apung lantaran area tanah dinegara tersebut sangatlah terbatas. Namun jangan salah lagi, stadion apung ini mampu menopang beban hingga 1.075 ton atau sekitar 9.000 orang dalam sekaligus. Stadion Marina Bay ini tidak hanya untuk acara olahraga saja, melainkan kerap dijadikan acara konser.

Stadion Mmabatho di Afrika Selatan

Stadion Mmabatho di Afrika Selatan dengan bentuk tribun yang aneh
Stadion Mmabatho di Afrika Selatan dengan bentuk tribun yang aneh. Foto via pinterest.com

Bila kamu melihat stadion Mmabatho ini akan terkesan aneh, bagaimana tidak ketika kamu melihat tata letak tribun penonton seakan tidak langsung menghadap ke lapangan. Bingungnya lagi ketika kamu menonton harus menoleh ke lapangan, lama-lama lehermu akan pegal. Eits jangan berasumsi demikian ya. Stadion ini memiliki desain tribun yang terlihat tidak langsung menghadap ke arah tengah lapangan, namun kenyataannya kursi ditribun tetap mengarah ke tengah lapangan.

Stadion Municipal di Portugal

Stadion Municipal di Portugal dengan dua sisi pemandangan yang tidak biasa
Stadion Municipal di Portugal dengan dua sisi pemandangan yang tidak biasa. Foto via pinterest.com

Stadion ini pada mulanya dibangun untuk sambutan Euro 2004 dan Portugal menjadi tuan rumah. Namun, rasa aneh tetap dirasakan oleh penonton dimana stadion ini memiliki dua tribun saja berada disamping kiri kanan. Keanehan ini ada disisi lainnya yaitu memiliki latar belakang pemandangan kota yang indah, namun sisi lain hanya terdapat batu dinding tebing yang sangat tinggi.

Stadion Gospin Dolac di Kroasia

Stadion Gospin Dolac di Kroasia dengan pemandangan tebing yang indah meski tribun terbatas
Stadion Gospin Dolac di Kroasia dengan pemandangan tebing yang indah meski tribun terbatas. Foto via tumblr.com

Stadion Gospin Dolac didirikan didaerah pegunungan dan tebing terdekat berada disalah satu sisinya memiliki tinggi hingga 500 meter. Tebing inilah yang menjadikan banyak penonton merasa terkagum-kagum akan keindahannya. Stadion dengan kapasitas 4.000 penonton ini memiliki tribun yang unik. Hanya mengandalkan batuan mirin disisi lapangan untuk dijadikan tribun penonton. Dan sisi lain hanyalah bebatuan tebing sebagai pemandangan selain menonton bola.

Stadion Ottmar Hitzfeld di Swiss

Swiss adalah satu dari ratusan negara didunia yang kaya akan keindahan alamnya. Tak dipungkiri Swiss memiliki tanah hampir semuanya adalah pegunungan. Hingga banyak stadion yang didirikan diketinggian tertentu, salah satunya Stadion Ottmar Hitzfeld dimana keindahan alam sisi stadion akan menghipnotis seluruh penonton.

Stadion Ottmar Hitzfeld di Swiss dengan sajian pemandangan pegunungan yang sangat indah
Stadion Ottmar Hitzfeld di Swiss dengan sajian pemandangan pegunungan yang sangat indah. Foto via bola.com

Namun, masalah menjadi besar ketika bola ditendang hingga keluar lapangan akan langsung terjun kedalam jurang. Jadi pihak pengelola memasang jaring-jaring untuk mengantisipasinya. Tetaplah fokus menonton bola ya, pemandangan gunungnya tidak akan berubah kok!

Advertisement
Tags
olahraga Stadion Bola Wisata Arsitektur wisata luar negeri
Share