Sumber Koso Ngawi, Camping Santai sampai Memacu Adrenalin dengan Flying Fox

Advertisement

Menikmati pemandangan alam di Gunung Lawu memang menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun ternyata ada pemandangan yang tak kalah menarik di lereng Gunung Lawu, yaitu Sumber Koso. Objek wisata ini sangat populer di kalangan masyarakat yang tinggal di sekitar lereng gunung.

Ini adalah sumber mata air yang menyuguhkan panorama alam nan asri. Di tempat wisata ini juga terdapat area perkemahan, sehingga banyak wisatawan yang melakukan berbagai kegiatan outdoor. Sebelum berkunjung ke Sumber Koso, simak dulu ulasannya berikut ini!

Sumber air sakral yang disulap menjadi tempat wisata mempesona

Wisata alam di Ngawi
Foto via travelindonesia

Sumber Koso adalah mata air yang berasal dari Gunung Lawu dan dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Banyak orang yang masih melakukan tradisi menyucikan alat-alat pusaka di tempat ini. Sumber air ini kemudian dibangun menjadi tempat wisata oleh Pokdarwis (kelompok sadar wisata) setempat pada 2016. Kini area yang berada di hutan milik Perhutani ini terlihat semakin indah karena tertata rapi.

Wisata alam di Ngawi
Foto via terpantau

Saat pertama kali datang, deretan pohon pinus akan menyambutmu. Taman yang dipenuhi dengan berbagai macam tanaman hias, menambah kecantikan pemandangan di sumber mata air ini. Area hutan yang tak banyak diubah justru membuat tempat wisata ini masih terkesan alami. Pemandangan tersebut semakin sempurna dengan rerumputan hijau di sekitarnya. Udara sejuk juga langsung terasa saat memasuki area wisata.

Bersantai di sekitar kolam ikan dan berjalan-jalan di taman bunga

Sumber Koso
Foto via nativeindonesia

Daya tarik utama wisata ini adalah kolam air yang sangat jernih. Ada puluhan ikan cantik yang berenang di dalamnya. Kolam ini menjadi area favorit bagi anak-anak karena mereka bisa memberi makan ikan dengan pakan yang telah disediakan pihak pengelola. Jika bosan melihat ikan, pengunjung bisa jalan-jalan santai di taman yang dipenuhi dengan bunga berwarna-warni. Taman bunga tersebut bisa menjadi spot foto yang indah.

Mencoba kegiatan outdoor yang memacu adrenalin hingga wisata kuliner di saung

Bagi pengunjung yang suka tantangan, rasanya tak lengkap jika tak mencoba berbagai wahana dan permainan yang disediakan pengelola. Banyak pengunjung yang datang berkelompok untuk melakukan kegiatan outbond yang seru seperti flying fox dan tarik tambang.

Sumber Koso
Foto via twitter

Setelah lelah beraktivitas, pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati hidangan di saung yang tersedia di tepi jalur area wisata tersebut. Jika ingin camping di Sumber Koso, pengunjung cukup membayar Rp7.000 per orang.

Lokasi, jam operasional, HTM, dan fasilitas di Sumber Koso

Wisata alam di Ngawi
Foto via koranpatroli

Sumber Koso terletak di Jengkoro, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Tempat wisata ini dibuka setipa hari mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk di Sumber Koso juga cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang.

Wisata alam di Ngawi
Foto via tempatwisataseru

Bagi pengendara motor dikenai tarif parkir Rp2.000, sedangkan wisatawan yang membawa mobil harus membayar Rp5.000. Fasilitas di Sumber Koso sudah cukup lengkap. Ada area parkir yang luas, toilet umum, musala, gazebo, dan banyak tempat duduk di beberapa titik sehingga pengunjung tak kelelahan.

Rute menuju Sumber Koso

Sumber Koso berjarak sekitar 37 km dari pusat Kota Ngawi yang bisa ditempuh dalam waktu satu jam. Dari Jalan Siliwangi, ambil arah barat daya menuju Jalan P.B. Sudirman. Kemudian belok kanan ke Jalan Gonggang – Karangudi – Ngrambe –Jogorogo.

Sumber Koso
Foto via kejaringawi

Selanjutnya lurus terus ke Jalan Jamus. Kemudian belok kanan saat menemukan penanda menuju Desa Girikerto. Selanjutnya kamu akan melewati area hutan hingga tiba di Sumber Koso.

Meski kesan menyeramkan mulai pudar sejak Sumber Koso menjadi tempat wisata namun masih ada beberapa tempat yang dianggap suci dan sakral. Sebaiknya pilih waktu pagi hingga siang hari agar tak terjebak hujan. Cuaca saat pagi menjelang siang juga masih cerah sehingga wisatawan bisa mendapatkan foto yang cantik.

Advertisement
Tags
Gunung Lawu Jawa Timur Ngawi Sumber Koso Sumber Koso Ngawi wisata alam Ngawi
Share