Sumbersuko Forest Park, Kesejukan Taman Pinus di Kaki Gunung Kawi

Advertisement

Kaki Gunung Kawi di Kabupaten Malang, memang menyimpan keindahannya tersendiri. Walaupun tidak banyak orang yang tahu karena lokasinya memang jauh dari pusat jalan utama Kabupaten Malang. Salah satu destinasi wisata yang ada di kaki Gunung Kawi adalah Sumbersuko Forest Park. Tempat ini merupakan kawasan hutan pinus yang disulap oleh warga sekitar menjadi sebuah taman bermain yang asik.

1. Lokasi Sumbersuko Forest Park

Sumbersuko Forest Park berlokasi di Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir – Kabupaten Malang. Lokasi wisata ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor roda 2 atau 4 dalam waktu sekitar 1 jam 15 menit dari pusat Kota Malang.

Jalan menuju Sumbersuko Forest Park (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk menuju ke taman pinus ini, jalan yang dilalui berupa jalan berkelok-kelok dan juga naik turun. Tapi yang menyenangkan adalah Teman Traveler tidak akan kesulitan menemukan Sumbersuko Forest Park, mengingat lokasinya tepat di pinggir jalan. Masuk ke tempat ini pun Teman Traveler hanya harus membayar Rp5 ribu per orang.

2. Area Hutan Pinus yang Luas

Denah lokasi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Walaupun hanya sekedar destinasi wisata yang dikelola warga secara swadaya, Sumbersuko Forest Park memiliki area yang lumayan luas dengan kontur tanahnya yang naik turun. Karena cukup luas, tepat setelah pintu masuk, Teman Traveler akan mendapati sebuah denah lokasi. Denah ini sengaja dibuat agar memudahkan pengunjung mencari rute dan juga mengetahui ada apa saja di dalam taman ini.

3. Spot Foto yang Beraneka Ragam

Jembatan di Sumbersuko Forest Park (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Hal utama yang dicari pengunjung saat datang ke Forest Park, tentu ingin berfoto-foto. Untuk itu pengelola mengakomodir keinginan pengunjung dengan membangun beberapa spot foto di banyak titik area wisata ini. Yang paling gampang ditemukan adalah spot foto berupa rumah pohon yang memanjang seperti jembatan. Spot ini berada di sisi kiri atas area hutan pinus.

Rumah pohon yang berjejer (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selanjutnya berjalan menuju sisi dalam, Teman Traveler masih akan menemukan sebuah bangunan rumah kayu. Tapi yang ini lebih bagus karena benar-benar terdapat bangunan rumah kecil di atasnya, lengkap dengan atap. Selain itu, hiasan payung warna-warni yang banyak digantung di sekitarnya, membuat spot ini lebih menarik dan lebih bagus untuk dijadikan spot foto.

Rumah kayu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan turun dan kemudian naik ke sisi kanan area Sumbersuko Forest Park, Teman Traveler juga masih menemukan bangunan rumah yang terbuat dari kayu. Lebih unik lagi, karena spot ini berupa rumah kayu miring dengan hiasan ranting-ranting kayu yang dipasang berjajar di depan rumah kayu. Teman Traveler bisa berfoto di spot ini, tapi sangat disarankan agar tidak masuk ke dalam bangunan karena dikhawatirkan bangunan bisa roboh.

4. Bermain di Sungai yang Menyegarkan

Sungai di Sumbersuko Forest Park (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain spot foto yang bisa ditemukan di area Forest Park ini, di bagian luar area wisata Teman Traveler bisa menemukan aliran air yang lumayan deras. Untuk anak-anak yang datang ke tempat ini, mereka bisa bermain di lokasi ini karena sungainya lumayan dalam menjadikan tempat ini lumayan cocok untuk mandi dan berenang tipis-tipis. Selain pengunjung, di sore hari Teman Traveler akan mendapati anak-anak penduduk asli Sumbersuko yang mandi ramai-ramai di tempat ini.

Kincir angin penghasil listrik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain digunakan untuk mandi, pemanfaatan aliran sungai yang deras di depan kawasan wisata ini, ternyata juga dimanfaatkan untuk sumber listrik. Pengelola sungguh sangat cerdas membuat sebuah kincir air yang menghasilkan listrik dan bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan listrik ke warung-warung makan yang berada tepat di depan lokasi wisata. Tentu ini juga bisa menjadi sarana belajar sains untuk anak-anak yang datang kemari.

5. Terdapat Beragam Jenis Tanaman

Informasi berbagai tanaman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sumbersuko Forest Park ternyata bukan hanya tempat bermain dan berfoto-foto saja. Di dalamnya Teman Traveler akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai beberapa tanaman yang sengaja ditanam di tempat ini. Pengelola sengaja memberikan papan yang berisi keterangan mengenai nama tanaman dan juga fungsinya. Jadi bisa bermain sambil belajar banyak hal tentunya.

6. Tempat yang Pas Untuk Istirahat dan Merenung

Tempat duduk di Sumbersuko Forest Park (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lokasinya yang teduh di bawah hutan pinus, dengan udara yang sejuk serta tidak ada suara bising, lokasi wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk merenung. Tepat di sisi kanan bagian atas dari area wisata, ada banyak tempat duduk kayu yang bisa kita jadikan tempat duduk santai bersama pasangan atau sendiri memikirkan suatu hal dengan mengamati pemandangan area wisata yang sangat asri.

Gazebo untuk beristirahat (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu, untuk Teman Traveler yang datang ke tempat ini membawa bekal dari rumah, sangat cocok untuk kita beristirahat di taman ini sambil menyantap makanan yang dibawa. Karena tepat di tengah area hutan pinus, Teman Traveler akan menemukan beberapa tempat istirahat lengkap dengan kursi, meja, dan juga atap jerami di atasnya.

7. Sebuah Kolam yang Merana

Kolam renang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pengelolaan Sumbersuko Forest Park memang sudah terlihat baik, kebersihannya juga sangat terjaga. Tapi yang kurang mungkin pemeliharaan fasilitas yang tersedia. Hal ini terlihat dari adanya kolam yang tidak diisi air dengan kedaan dasar kolam yang sangat kotor. Kalau saja kolam ini bersih dan berisi air, pasti pengunjung anak-anak bisa mandi di kolam ini tanpa mandi di sungai area depan objek wisata ini.

Itulah ulasan mengenai Sumbersuko Forest Park. Teman Traveler bisa mengunjungi wisata alam satu ini di akhir pekan bersama keluarga maupun teman-teman. Cocok banget untuk healing!

Advertisement
Tags
Hutan Pinus Sumbersuko Forest Park wisata alam jawa timur Wisata Kabupaten Malang
Share