Taman Indonesia Kaya di Semarang, Panggung Seni dengan Air Mancur Menari

Advertisement

Semarang merupakan salah satu kota yang kental akan adat Jawa Tengahnya. Tak heran banyak destinasi wisata bertemakan budaya. Namun di sisi lain, Teman Traveler juga bisa berkunjung ke tempat lain yang juga tak kalah menarik. Tempat wisata ini baru dibuka pada tanggal 10 Oktober 2018 kemarin, yaitu bernama Taman Indonesia Kaya. Tempat yang bebas untuk dikunjungi siapapun ini memiliki beberapa hal menarik lho. Apa saja ya? Intip bareng-bareng yuk!

Taman Budaya yang Baru Dibuka

Baru dibuka
Baru diluncurkan via Instagram/patricia_stephanie

Bagi warga Semarang, bisa banget nih untuk menghabiskan waktu di akhir pekan bersama keluarga dengan berkunjung ke taman budaya. Termasuk pendatang baru, Taman Indonesia Kaya ini dibuka pada hari Rabu tanggal 10 Oktober 2018 kemarin. Soft opening tersebut bertepatan dengan perayaan ulang tahun Galeri Indonesia Kaya yang ke lima. Sebelum dirombak, tempat ini dulunya bernama Taman Mentri Supeno karena terletak di Jl. Menteri Supeno, Mugassari. Mulai dikerjakan pada tanggal 1 November tahun 2017 lalu, taman digarap oleh Pemerintah Kota Semarang dan berkolaborasi dengan Djarum Foundation.

Taman Seni Panggung Terbuka Pertama

Taman Seni Panggung pertama
Taman Seni Panggung pertama di Semarang via Instagram/semarangexplore

Berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, tempat ini merupakan taman dengan seni panggung terbuka pertama yang ada di Jawa Tengah. Tujuan dari didirikannya tempat ini adalah sebagai wadah ekspresi bagi para seniman dan pekerja seni. Perubahan tempat ini pun nyaris 100 persen, namun masih ada beberapa bagian yang dipertahankan seperti pohon-pohon besar serta patung ibu dan anak. Adanya taman ini diharapkan untuk generasi muda (khususnya) agar lebih mengenal dan mengerti tentang ragam budaya yang ada di Indonesia.

Hal Menarik Seputar Taman

Taman Budaya di Semarang
Taman Budaya di Semarang via Instagram/semarangexplore

Panggung budaya terdiri dari dua sisi yang berbeda. Sisi pertama menghadap ke SMAN 1 yang bisa digunakan untuk pementasan dan mampu menampung kurang lebih sebanyak 200 orang. Sisi lainnya menghadap ke kantor Gubernur Kota Semarang dan memiliki kapasitas sebanyak 800 orang. Tak hanya itu, di sini juga terdapat papan mural berbentuk gapura dengan gambar ikon budaya, sejarah, dan ekonomi Indonesia.

Selain dapat menikmati suasana taman yang dikelilingi dengan pepohonan rindang, Teman Traveler juga bisa menemukan beberapa lukisan Klenteng Sam Poo Kong, Vihara Buddhagaya Watugong, Lawang Sewu, terpampang di sini. Hal menarik lainnya adalah taman ini akan menggelar pementasan seni sebanyak satu kali di setiap bulannya.

Spot Foto Menarik

Spot foto yang menarik
Spot foto yang menarik via Instagram/wimboprakoso

Bagi pengunjung yang kelelahan dapat menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan seperti pendingin udara dan toilet umum. Taman dilengkapi dengan air mancur menari yang akan bergerak jika diiringi lagu daerah. Air tampak semakin menarik karena diberi pencahayaan yang berwarna-warni. Momen terbaik untuk mendapatkan foto yang bagus adalah pada saat matahari terbenam. Pada waktu ini, taman akan diterangi dengan berbagai lampu bergelantungan yang tampak seperti kunang-kunang.

Taman Indonesia Kaya, Semarang
Taman Indonesia Kaya, Semarang via Instagram/@isalowman

Sekian informasi singkat dan hal menarik seputar Taman Indonesia Kaya. Jadi tertarik untuk menghabiskan akhir pekan di wisata baru Semarang ini? Ajak keluarga dan teman-teman juga ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah semarang taman indonesia kaya Wisata wisata semarang
Share