Dua Panorama di Tapanuli Selatan yang Tidak Ada di Tempat Lain

Advertisement

Tapanuli Selatan adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara. Tidak kalah dengan Medan dan Toba Samosir, di sana juga banyak objek wisata yang indah dan mengagumkan. Bahkan tidak ada di tempat lain. Sayangnya, destinasi yang mereka tawarkan masih sepi dari pengunjung. Seperti dua panorama di bawah ini!

Keindahan Danau Terbesar Kedua di Sumatera Utara

Danau Siais
Danau Siais [image source]
Siapa bilang Sumatera hanya memiliki danau toba? di Tapanuli Selatan terdapat danau lain yang tidak kalah unik. Objek wisata alam ini bernama Danau Siais yang memiliki luas 4500 hektar. Terletak di desa Raniate atau sekitar 47 km dari kota Batangtoru, Sias memiliki air bening dan menyegarkan. Disudut lain, ada air terjun yang mengalir dari ketinggian kurang lebih 200 m yang dikelilingi hutan berudara sejuk. Objek wisata ini pun makin menarik dengan adanya ikan keramat yang dikenal dengan nama ikan Jurug. Konon, ikan ini merupakan peliharaan Syeih yang sakti sehingga ada larangan untuk memakannya.

Danau Siais Tapsel
Danau Siais Tapsel [image source]
Alamat : Kampung Riante Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara Indonesia

Pesona Bukit Tor Simago-mago

Bukit Simago-mago
Bukit Simago-mago [image source]
Selain danau, Tapanuli Selatan juga memiliki perbukitan yang tidak kalah indah dengan pegunungan di Jawa Tengah. Nah, dari bukit tersebut ada di antaranya yang menarik perhatian karena pesonanya. Salah satunya Tor Simago-mago, wisata alam yang menyajikan pemandangan kota Sipirok dari atas. Sebagian besar dari wisatawan yang berkunjung ke sana ingin menghilangkan penat di perkotaan atau urusan pekerjaan. Tidak jauh dari pusat kota, bukit ini hanya berjarak 32 km dari kota Padang Sidempuan. Nah, untuk bisa mencapai puncak, pengunjung harus melakukan tracking terlebih dahulu sejauh 1,5 km. Melelahkan sih, tapi dijamin puas!

Bukit Simago-mago Tapsel
Bukit Simago-mago Tapsel [image source]
Alamat : Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan

Hotel Cantik di Pusat Tapanuli Selatan

Hotel Tor Siboshi
Hotel Tor Siboshi [image source]
Nah, jika kamu berasal dari luar Jawa, lebih baik untuk bermalam di ibukota Tapanuli Selatan, Sipirok. Dari penginapan murah hingga hotel mahal lengkap tersedia di kota ini. Salah satunya akomodasi yang cukup rekomended adalah Hotel Tor Siboshi yang terletak di Mandurana, Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Selain nyaman, Tor Siboshi cukup strategis untuk berkunjung Tor Simago-mago. Sedangkan untuk ke Danau Siais, pengunjung hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai tujuan. lumayan kan?

Hotel Tor Siboshi, Tapsel
Hotel Tor Siboshi, Tapsel [image source]
Alamat : Mandurana, Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22742
Telepon: (0634) 41115
Harga : mulai dari Rp 375.000

Menyantap Makanan Khas Sipirok

Ikan Mas Sinyar-nyar
Ikan Mas Sinyar-nyar [image source]
Liburan ke Tapanuli Selatan, kurang lengkap jika tidak berburu kuliner. Salah satu makanan khas Siprok yang wajib dicicipi adalah Ikan Mas Sinyar-nyar yang banyak dijual di rumah makan di pusat kota. Salah satunya adalah RM. Ikan Mas Sinyar-nyar. Sajian kuliner satu ini berbeda karena memiliki cita rasa yang tinggi. Bumbu khasnya yang berminyak keemasan dengan bintik-bintik kehijauan sinyar-nyar terlihat menggoda. Sekali mencoba, dijamin bakal ketagihan.

Ikan Mas Sinyar-nyar di Tapsel
Ikan Mas Sinyar-nyar di Tapsel [image source]
Alamat : Jl. Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22742, Indonesia
Telepon : +62 821-6772-9018

Kurang apalagi Tapanuli Selatan untuk traveler? objek wisata berlimpah, penginapan banyak, apalagi masalah kuliner. Nah, kapan nih mampir  ke kabupaten di Sumatera Utara ini.

Advertisement
Tags
explore Tapanuli Selatan kuliner Tapanuli Selatan Tapanuli Selatan
Share