Mengintip Sisi Lain Telaga Menjer yang Tenang dan Hijau

Advertisement

Berbicara tentang wisata di kota Wonosobo, ada sebuah tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Telaga Menjer Wonosobo, tepatnya terletak di Desa Menjer kecamatan Garung. Telaga ini memiliki panorama alam yang indah.

Telaga yang terletak 12 kilometer dari kota Wonosobo ini cukup mudah dijangkau. Lokasi telaga ini tepat berada di sebelah jalan raya dekat dengan pasar Garung dan PLTA Garung. Sehingga kamu tidak perlu susah payah untuk bisa menemukannya. Berikut adalah ulasan lebih mendalam mengenai Telaga Menjer dari Venicka Arlia Putriana, salah satu kontributor lepas Travelingyuk.

Sering Dibilang Mirip Danau Bedugul

Alam Telaga Menjer yang istimewa, Via Instagram/masimamdp
Alam Telaga Menjer yang istimewa, Via Instagram/masimamdp

Banyak orang berpendapat bahwa Telaga Menjer hampir sama dengan danau Bedugul di Bali. Telaga yang terletak 1300 meter dari permukaan air laut ini memiliki nuansa alam yang tenang dan asri yang akan membuat kamu betah berada di sana.

Telaga yang memiliki  luas 70 hektar ini memiliki beragam fasilitas yang menarik lho. Hanya dengan membayar Rp3000 rupiah sebagai tiket masuk dan Rp2000 rupiah untuk parkir, kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada disana. Ada sarana ibadah, kamar mandi, parkir yang luas, spot selfie,  gazebo, perahu untuk berkeliling serta rumah makan yang berada di tengah telaga.

Daya Pikat Lain Telaga Menjer

Panorama yang sulit ditampik, Via Instagram/ifty3996
Panorama yang sulit ditampik, Via Instagram/ifty3996

Selain itu, saat telaga ini sedang surut atau mengering, maka akan muncul hamparan tanah yang hijau yang bisa kamu nikmati dengan damai. Banyak juga yang menikmatinya dengan cara tiduran layaknya berada di sebuah karpet yang lembut dan empuk.

Sedangkan jika kamu ingin menikmati Telaga secara dekat, kamu bisa menaiki perahu yang tersedia di sekitar telaga. Ada cukup banyak beberapa perahu yang stand by yang siap mengantarkan kamu untuk berkeliling menikmati telaga. Hanya cukup dengan membayar Rp10.000 hingga Rp20.000, kamu bisa berkeliling dengan puas. Kamu juga bisa menyebrang ke rumah makan yang berada di tengah telaga.

Berkeliling dengan perahu, Via Instagram/ayodolan_wonosobo
Berkeliling dengan perahu, Via Instagram/ayodolan_wonosobo

Selain menyediakan berbagai makanan khas, di area rumah makan tersebut juga memiliki beberapa spot untuk berfoto yang instagramable. Ada sebuah patung kingkong raksasa, bunga-bunga berbentuk love yang cocok untuk foto berpasangan, serta masih banyak lagi lainnya.

Mitos yang Menyelimuti Telaga Menjer

Alam yang begitu indah, Via Instagram/kunangkecil
Alam yang begitu indah, Via Instagram/kunangkecil

Akan tetapi sayangnya ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa yang mengajak wisata ke Telaga Menjer maka selepas pulang, hubungan dengan pasangannya akan retak atau putus. Boleh percaya, boleh tidak. Namun, saya dengan pasangan saya yang berkunjung ke telaga ini telah menampik mitos tersebut. Hubungan Kami baik-baik saja hingga ke jenjang pernikahan.

Terlepas benar atau tidaknya mitos tersebut, berwisata ke Telaga Menjer merupakan suatu kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan. Kamu juga bisa menikmati Telaga Menjer ini dari sisi yang lain.

Destinasi Wisata Lain di Sekitar Telaga

Destinasi wisata lain, Via Instagram/harry_riyadi
Destinasi wisata lain, Via Instagram/harry_riyadi

Hanya dengan sedikit perjalanan, kamu dapat menikmati hamparan perkebunan teh yang hijau dengan pemandangan Telaga Menjer yang eksotik dari atas bukit Seroja. Bukit tersebut kini juga berkembang menjadi salah satu destinasi wisata alam tersendiri. Di sana juga tersedia berbagai spot selfie dan gubug untuk sekedar bersantai dengan menikmati kopi dan tempe kemul yang tersedia di sana.

Dari Telaga Menjer menuju Bukit Seroja Hanya membutuhkan waktu tak kurang dari 15 menit. Kamu cukup menelusuri jalan yang sama yang berada di depan Telaga Menjer untuk naik ke atas menuju bukit Seroja. Ada banyak papan petunjuk yang akan mempermudah langkah kamu untuk menuju ke Bukit Seroja.

Bagaimana menurutmu? Tertarik untuk berwisata ke Telaga Menjer? Kamu tak akan rugi ataupun menyesal karena hanya dengan biaya yang murah semua kepenatan akan punah dan kamu pun akan pulang dengan bahagia. Kapan nih berkunjung?

Advertisement
Tags
alam indonesia Jawa Tengah telaga menjer Wonosobo
Share