5 Tempat Jajan Durian di Thailand, Let the Party Begin!

Advertisement

Jika ada yang bertanya bagaimana rasa durian? Jawabannya adalah surga. Walaupun, tidak semua orang akan setuju. Karena memang membicarakan durian sama saja dengan bermain love-hate games. Banyak yang menggandrungi buah ini, tapi banyak juga yang tidak karena aromanya begitu menyengat. Bahkan di beberapa tempat di Thailand, yang notabene surganya durian, terdapat tanda yang menegaskan bahwa dilarang membawa durian. Yuk berburu durian di negeri Gajah Putih ini!

Ada di Setiap Sudut Kota Bangkok

Ketika musim panen tiba, durian dapat ditemui diseluruh sudut kota [image source]
Ketika musim panen tiba, durian dapat ditemui di seluruh sudut kota [image source]
Namanya juga surganya durian, maka itu di sepanjang jalanan Thailand pasti akan banyak pedagang kaki lima yang akan berdagang durian jika tiba musimnya, terutama di Bangkok. April hingga Agustus adalah musim puncak panen durian. Masyarakat Thailand sepertinya tidak pernah memiliki kata cukup untuk melahap buah yang memiliki kulit tajam tersebut. Uniknya, ketika musim durian ini tiba, seantero kota seperti merayakan musim panen ini. Dari kaki lima, mobil bak terbuka, hingga di kampung-kampung mereka menawarkan durian melalui berbagai macam media.

Musim panen durian di Bangkok serupa dengan pesta rakyat [image source]
Musim panen durian di Bangkok serupa dengan pesta rakyat [image source]

Pasar Or Tor Kor

Daging durian Thailand yang gemuk dan padat [image source]
Daging durian Thailand yang gemuk dan padat [image source]
Sepanjang tahun, pasar Or Tor Kor adalah tempat paling di rekomendasikan bagi wisatawan yang hadir dan ingin menikmati durian. Sebagian besar, durian yang ditawarkan di sini adalah durian kanyao. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menemukan varian durian yang lain seperti Mon-Thong dan Chanee. Hal yang menarik dari pasar ini adalah cara penyajian mereka yang sangat berhati-hati dalam mengupas dan menatanya untuk di-display. Pasar Or Tor Kor ini termasuk pasar yang bersih jika dibanding pasar yang lainnya. Jadi selain menikmati durian kamu juga bisa menjelajah bagian-bagian dalam pasar tersebut.

Cara pedagan di pasar Or Tor Kor menjual duriannya [image source]
Cara pedagang di pasar Or Tor Kor menjual duriannya [image source]

Pecinan Yaowarat Road

Cara pedagang Bangkok menjajakan durian [image source]
Cara pedagang Bangkok menjajakan durian [image source]
Daerah pecinan ini akan dipenuhi dengan berbagai macam pedagang durian pada bulan April hingga Agustus. Durian terlihat begitu mencolok jika dibandingkan beberapa buah-buah lain yang dijajakan. Dari segi fisik daja durian telah terlihat begitu mencolok, belum aroma khas yang menurut beberapa orang begitu menusuk di hidung. Maka itu beberapa fasilitas publik seperti mall, taman, dan beberapa transportasi publik melarang adanya penumpang yang membawa durian masuk.

Karena padat, durian Thailand pun bisa disantap menggunakan garpu [image source]
Daging durian Thailand yang tebal, bisa disantap menggunakan garpu [image source]

Ice DEA

Ini es krim loh, bukan durian beneran [image source]
Ini es krim loh, bukan durian beneran [image source]
Tempat ini adalah sebuah café yang terletak di Bangkok Art and Culture Centre. Ice Dea menyediakan berbagai macam es krim dengan olahan durian. Konon, rasa es krim durian yang berada di Ice DEA ini memiliki rasa yang lebih lembut dan aroma yang tidak menyengat seperti duren dalam bentuk konvensional. Tapi bagi yang tidak tertarik dengan durian, tempat ini masih bisa untuk kamu kunjungi. Beberapa macam varian es krim juga dapat kamu nikmati di tempat ini. Juga berbagai menu desert untuk mengisi perut.

Es krim durian yang ada di iceDEA [image source]
Es krim durian yang ada di iceDEA [image source]

Durian ada di Supermarket Seluruh Bangkok

Tidak perlu memberli satu buah, karena durian bisa dibeli eceran [image source]
Tidak perlu memberli satu buah, karena durian bisa dibeli eceran [image source]
Agaknya durian adalah hal yang umum di Bangkok. Bahkan di kebanyakan supermarket, kamu bisa menemukan durian dalam berbagai macam bentuk dan olahan. Pada supermarket yang ada di Bangkok, Durian hadir dalam berbagai rupa. Dibeli dalam bentuk durian utuh, di campur dalam kue, atau juga dalam bentuk keripik. Berbagai macam eksperimen dan penyajian mereka kembangkan agar penikmat durian dapat menikmati melalui berbagai macam bentuk makanan.

Bentuk olahan keripik durian [image source]
Bentuk olahan keripik durian [image source]
Nah, buat kamu yang berencana ke Thailand bersiap ya! Bagi yang suka silakan hunting, bagi yang nggak suka siapkan tissue untuk menghalau ‘aroma’ durian yang menyengat.

Advertisement
Tags
bangkok durian street food Thailand
Share