Temple Stay di Korea Selatan, Habiskan Liburan dengan Sensasi Belajar ‘Hidup’ Ala Biksu

Advertisement

Temple stay di Korea Selatan bisa jadi agenda liburan yang menyenangkan dan berbeda. Sedikit banyak, Teman Traveler akan belajar dan merasakan bagaimana seorang Biksu menjalani kesehariannya. Dari ribuan kuil yang ada di negeri tersebut, hanya ada beberapa yang menyediakan fasilitas temple stay. Berikut pilihannya!

1. Mihwangsa Temple Stay

Wisatawan Asing Mengikuti Program Templa Stay di Kuil Mihwangsa via Instagram/ awaywego_cf

Temple Stay di Korea Selatan yang pertama bisa Teman Traveler coba ada di Mihwangsa Temple. Kuil ini terletak di bagian paling selatan Semenanjung Korea, kerap juga disebut sebagai Desa Ujung Tanah. Dari sini, pengunjung bisa sekaligus menyaksikan keindahan Dharma Mountain.

Suasana yang Tenang di Mihwangsa Temple via Instagram/ abbynarshk

Dikelilingi punggung Bukit Dalma yang berbatu, para wisatawan yang mengikuti program Temple Stay difokuskan untuk meditasi. Peserta diajarkan tentang etika saat berada di kuil, mulai dari cara minum teh hingga berbincang dengan para biksu pada malam hari.

2. Golgulsa Temple Stay

Keseruan Sesama Peserta Temple Stay di Kuil Golgulsa via Instagram/ killthetreadmill

Kuil Gonggulsa berada di bagian luar Gyeongju. Ia merupakan salah satu kota paling berbudaya di Korea. Golgulsa sendiri merupakan satu-satunya kuil gua di Korea. Letaknya berada di Gunung Hamwol-san.

Program Meditasi di Golgulsa Temple yang Menenangkan via Instagram/ jmorency28

Program temple stay yang diselenggarakan oleh Golgulsa bahkan membolehkan pesertanya tinggal selama satu bulan bahkan lebih. Selama berada di sini, Teman Traveler akan diajarkan seni bela diri meditatif yang dikenal dengan nama Sunmudo.

Peserta Temple Stay di Kuil Golgulsa dari Berbagai Negara via Instagram/ _virnuz_

Keharmonisan tubuh dan pikiran menjadi fokusnya. Gerakan Qi Gong dalam Sunmudo yang lembut membuat peserta menyadari akan energi internal yang dimiliki. Selain itu, peserta juga diajarkan hal lain, seperti cara hidup seorang Biksu yang sederhana dan sehat.

3. Lotus Lantern International Meditation Center

Kegiatan di Lotus Lantern International via Instagram/ templestaylotus

Temple Stay di Korea Selatan yang bisa Teman Traveler ikuti selanjutnya diadakan di Lotus Lantern International Meditation Center. Berada di Pulau Gangwhado, Incheon, Lotus Lantern International Meditation merupakan pusat latihan meditasi bagi wisatawan asing dan lokal.

Temple Stay Banyak Diikuti Turis Lokal atau Mancanegara via Instagram/ templestaylotus

Peserta dapat mengikuti dan berlatih meditasi dalam program selama dua hari, lima hari hingga selama apa pun yang diinginkan. Karena disediakan untuk wisatawan asing, Lotus Lantern juga memiliki Biksu yang datang dari Rusia dan Bangladesh.

4. Myogaksa Temple Stay

Kegiatan di Myogaksa Templa via Instagram/ myogaksa

Kuil Myogaksa berlokasi di bagian timur Gunung Naksan. Program temple stay yang ditawarkan kuil ini sudah berjalan sejak 2002 lalu. Teman Traveler bisa memilih untuk tinggal satu hari, dua hari satu malam atau program khusus hingga 10 malam.

Peserta Mendapat Pengarahan dari Biksu di Myogaksa Temple via Instagram/ myogaksa

Program unggulan yang ditawarkan Myogaksa pada pesertanya adalah meditasi; mengenalkan peserta pada dirinya yang lebih baik. Peserta ditawarkan sebuah pengalaman untuk mengenal aspek-aspek budaya Korea yang berusia 1700 tahun. Program ini pasti menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

5. Jogyesa Temple Stay

Jogyesa Temple yang Cantik dengan Lampion Warna-warni via Instagram/ hendrickhartono

Kuil Jogyesa berada di jantung Kota Seoul. Teman Traveler tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Ia merupakan salah satu kuil yang ada di Korea Selatan. Kegiatan peserta yang mengikuti temple stay terpusat di Aula Dharma Jogyesa. Di sini, peserta diajarkan tentang nilai spiritual Buddha.

Makanan Vegetarian yang Disediakan untuk Peserta Temple Stay di Kuil Jogyesa via Instagram/ oliviacarlaling

Meski berada di tengah kota, peserta tetap dapat merasakan suasana tradisional yang tidak terlupakan. Meski berada di tengah kota, berada di sini, Teman Traveler tetap akan mendapat ketenangan. Pas sekali untuk meditasi atau menjauhkan diri dari keramaian.

6. Yongjoosa Temple Stay

Kegiatan Meditasi di Yongjoosa Temple via Instagram/ yongjoosa_templestay

Yongjoosa atau Yongjusa Temple juga menyediakan fasilitas temple stay untuk para wisatawan. Letak kuil ini berada takjauh dari Makam Raja Jangjo dan Ratu Heongyeong dan makam Raja Jeongjo, penguasa ke 22 dari Dinasti Joseon.

Peserta Temple Stay di Yongjoosa Datang dari Banyak Negara via Instagram/ yongjoosa_templestay

Program temple stay yang diselenggarakan di sini terdiri atas beberapa hal. Seperti belajar tentang cara berdoa, membiasakan makan tanpa sisa seperti yang dilakukan Biarawan Buddha, meditasi berjalan dengan maksud berkomunikasi dengan alam, membuat lentera teratai, membuat tasbih atau marla sampai meditasi teh.

7. Haeinsa Temple Stay

Haeinsa Temple Stay Banyak Diikuti oleh Wisatawan Mancanegara via Instagram/ pampleluneh

Haeinsa sebagai salah satu pilihan Temple Stay di Korea Selatan, pada zaman dulu terkenal sebagai Kuil Harta Karun Dharma. Karena di dalamnya terdapat koleksi 81.258 Tripitaka Sutra atau Tripitaka Koreana yang berisi tulisan Buddha.

Haeinsa Temple, Salah Satu Kuil Utama di Korea Selatan via Instagram/ sweb6992

Tempat koleksi berharga tersebut disimpan, Panjeon, bahkan sudah dinobatkan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Haeinsa memiliki program temple stay berupa pelatihan lima hari empat malam selama musim panas, program regular two-day one-night temple stay dan no limit periode freestyle program.

Program Temple Stay di Korea Selatan yang ditawarkan kuil-kuil di negeri ini, sesekali bisa dicoba. Kegiatan ini pasti akan jadi liburan yang berbeda. Tertarik? Kalau begitu, segerakan susun rencana bersama beberapa teman!

Advertisement
Tags
Korea Selatan Luar negeri temple stay di korea selatan Wisata wisata korea selatan
Share