Tips Liburan di Nusa Penida, Eksplore Makin Puas dan Tetap Nyaman

Advertisement

Nusa Penida, sebuah pulau kecil di tenggara Pulau Bali, yang letaknya berdekatan dengan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Menawarkan keindahan yang begitu menawan, menarik turis lokal hingga mancanegara.

Perjalanan menuju ke Nusa Penida pun sangat mudah. Banyak pilihan pelabuhan yang bisa digunakan untuk menuju Nusa Penida dari Pulau Bali, yaitu Pelabuhan Padang Bai, Pelabuhan Sanur, dan Pelabuhan Pulau Serangan.

Speed Boat di Pelabuhan Sanur (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Salah satu pelabuhan yang bisa kamu tuju untuk ke Nusa Penida adalah Pelabuhan Sanur. Selain lokasinya mudah dijangkau, banyak provider tersedia. Contohnya El Ray Speed Boat dengan Rp100 ribu per orang dan jadwal penyeberangan mulai pukul 07.00 – 17.00. Untuk menikmati pesonanya dengan maksimal, ini nih tips traveling ke Nusa Penida tanpa menggunakan agen tour!

Kepoin Nusa Penida

Pasih Uug atau Broken Beach (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Cari tahu lebih dalam tentang tempat wisata yang kamu tuju, tak terkecuali saat kamu akan pergi ke Nusa Penida. Cukup buka mesin pencarian dan berselancar, cari tahu apa yang menarik, tempat apa yang sebaiknya dituju, acara khusus yang mungkin bisa kamu saksikan, sampai kondisi dan cuaca sekitar.

Pesan penginapan yang nyaman dan sesuai budget

Penginapan Rumah Pohon (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Jangan keburu pesan tiket transportasi sebelum benar-benar mendapatkan tempat penginapan. Banyak penginapan yang menyuguhkan pemandangan eksotis tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Kamu harus jeli dalam mencari promo. Pastikan kamu membaca review dengan seksama ya!

Bersantai di Penginapan Rumah Pohon (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Tak jarang ada penginapan yang menyediakan fasilitas unik dan keren. Seperti rumah pohon, menyediakan hammock, atau fasilitas lainnya yang bisa membuat pengalaman bermalammu makin menyenangkan.

Pakai pakaian yang nyaman dan amankan barang berharga

Pelabuhan Sanur (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Menjelajah Nusa Penida, tak mungkin kamu tidak bertemu dengan air. Deretan pantai indah siap kamu eksplor, bermain air pun tak bisa terelakkan. Pakailah pakaian dan alas kaki yang nyaman, tak lupa penutup kepala seperti topi untuk melindungimu dari terik matahari. Jangan lupa untuk memisahkan barang elektronik dan berharga di tas kecil yang mudah dibawa dan anti-air. Dengan begitu, saat kamu terciprat air, maka barang berharga akan tetap aman.

Menyewa kendaraan

Eksplore Nusa Penida (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Bakal lebih nyaman dan memudahkanmu untuk eksplorasi jika Teman Traveler menyewa kendaraan selama di Nusa Penida. Banyak tempat persewaan yang ditawarkan penduduk lokal, salah satunya jika kamu turun dari kapal cepat di Pelabuhan Toya Pakeh. Harga yang ditawarkan sekitar Rp70 ribu per hari per motor atau Rp450 ribu – Rp500 ribu per hari per mobil.

Menyewa tour guide

Salah satu akses jalan di Nusa Penida (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Tak ada salahnya untuk menyewa jasa tour guide agar kamu bisa menjelajah Nusa Penida, khususnya untuk kamu yang baru pertama kali dan masih merasa asing. Mengingat sinyal akan lebih susah saat berada di Nusa Penida, sehingga mengandalkan Google Maps akan cukup sulit. Kamu juga bisa mengetahui banyak hal penting dari tour guide, seperti tempat-tempat rekomendasi.

Siapkan uang tunai

Ilustrasi mesin ATM via Unsplash

Tak begitu banyak ATM dan bank yang tersedia di pulau ini, maka itu bawalah uang tunai secukupnya. Ingat untuk tidak membawa terlalu banyak uang tunai karena cukup berbahaya.

Hindari berkunjung di bulan ini

Ombak Besar (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Pada bulan Juni, Indonesia akan terkena dampak dari angin yang bertiup dari Australia, sehingga di Nusa Penida akan rawan adanya gelombang tinggi. Untuk menghindari terkena ombak yang tinggi dan besar, sebaiknya kamu berkunjung di bulan lain. Khususnya buat Teman Traveler yang mudah mabuk laut. Karena penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida sendiri akan memakan waktu kurang lebih satu jam.

Peringatan ombak besar di Nusa Penida (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Siapkan tenaga yang cukup

Cuaca yang panas di Nusa Penida (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Menjelajahi Nusa Penida bakal menghabiskan cukup banyak energi. Cuaca panas dengan teriknya mentari yang menyengat juga akses jalan yang cukup menantang, bisa membuatmu kelelahan. Pastikan kamu punya kondisi tubuh yang fit dan energi yang cukup sebelum eksplor Nusa Penida. Ingat untuk memahami batasan fisik dan tidak memaksakan diri.

Persiapan matang perlu dilakukan sebelum mengeksplor tempat baru. Sudah siap untuk menjelajah Nusa Penida?

Advertisement
Tags
Nusa Penida tips liburan Tips Liburan di Nusa Penida
Share