Tips Trik Liburan ke Pantai Biar Gak Salah Kostum

Advertisement

Liburan ke pantai bisa menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan penat dan merelaksasi tubuh. Aktivitas itu tentunya akan sangat menyenangkan dan bisa membuat Anda bersantai sejenak dari tugas kantor yang menumpuk. Terlebih, objek wisata pantai saat ini sangatlah bervariasi, sehingga bisa membuat para traveler semakin dimanjakan.

Apalagi Indonesia dianugerahi dengan banyak pantai yang indah. Dan rasanya pasti sayang sekali jika kita tidak menjelajahi keindahan pantai Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai ke Merauke. Namun, ke mana pun kita akan pergi, terutama saat traveling, memiliki perencanaan yang matang sudah pasti menjadi keharusan.

Karena setiap liburan harus direncanakan dengan matang, pastikan untuk membuat list tentang barang bawaan dan kostum apa yang sebaiknya digunakan. Well, jika Anda tidak merencanakan liburan dengan matang, biasanya hasilnya akan buruk atau berantakan. Untuk menghindari hal tersebut, yuk ikuti tips dan trik ini.

1. Membawa pakaian yang tepat

Membawa pakaian yang tepat [via Instagram]
Membawa pakaian yang tepat [via Instagram]
Karena Anda akan liburan ke pantai, pastikan untuk membawa pakaian yang tepat. Jangan asal comot saja dari lemari. Pilihlah bahan yang nyaman untuk dipakai ke pantai, khususnya yang bisa menyerap keringat dengan mudah. Dan hindari pakaian yang berbahan tebal dan susah menyerap keringat karena itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Pakaian berbahan katun sangat cocok untuk digunakan saat pergi ke pantai karena sangat ringan dan mudah menyerap keringat.

2. Membawa pakaian ekstra

Membawa pakaian ekstra [via Instagram]
Membawa pakaian ekstra [via Instagram]
Main ke pantai akan membuat pakaian Anda basah karena terciprat air. Maka, sebaiknya bawalah pakaian ekstra untuk ganti setelah membersihkan diri. Eits, tapi jangan hanya satu pasang saja, usahakan bawa lebih dari satu. Lakukan itu untuk berjaga-jaga jika nantinya pakaian Anda yang bersih ternyata akhirnya basah lagi.

3. Memakai sandal jepit

Memakai sandal jepit [via Instagram]
Memakai sandal jepit [via Instagram]
Sandal jepit menjadi alas kaki terbaik yang bisa Anda gunakan saat pergi ke pantai. Selain itu tidak akan mudah rusak karena air, rasanya tentu akan lebih nyaman saat dipakai. Untuk itu, pilih sandal jepit yang punya bahan empuk di kaki dan tidak mudah putus. Well, karena tidak semua merek sandal jepit bisa kuat saat dipakai di pantai. Beberapa di antaranya, talinya mudah putus saat terkena air atau tertarik saat berjalan.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Melindungi kulit dari sinar matahari [via Instagram]
Melindungi kulit dari sinar matahari [via Instagram]
Sinar matahari memang sehat, tapi itu akan menjadi tidak sehat setelah berada di atas pukul 09.00. So, bawalah tabir surya dengan minimal SPF 15 untuk melindungi kulit Anda. Untuk perlindungan ekstra, pilih yang mengandung proteksi terhadap UVA dan UVB. Juga, jangan lupa untuk menggunakan lip balm yang mengandung tabir surya untuk melindungi bibir.

5. Gunakan tas tahan air

Gunakan tas tahan air [via Instagram]
Gunakan tas tahan air [via Instagram]
gar barang-barang Anda aman dari percikan air dan basah, sebaiknya gunakan water resistant bag atau tas tahan air. Tas jenis ini banyak dijual di pasaran. Trik lain yang bisa Anda coba adalah menaruh semua barang yang Anda bawa ke dalam kantong plastik. Barulah setelah itu Anda memasukkannya ke dalam tas, sehingga itu tidak akan basah saat tas terkena air.

6. Menaruh ponsel ke dalam ziplock bag

Menaruh ponsel ke dalam ziplock bag [via Instagram]
Menaruh ponsel ke dalam ziplock bag [via Instagram]
Ingin mengambil foto di pantai, tapi takut ponsel akan terkena air dan rusak? Karena itu, Anda harus menyediakan sebuah ziplock bag untuk tempat menaruh ponsel. Jadi, Anda tetap bisa memainkan ponsel di pantai dan tak perlu takut itu akan rusak akibat terciprat air.

7. Wajib bawa bedak bayi!

Wajib bawa bedak bayi! [via Instagram]
Wajib bawa bedak bayi! [via Instagram]
Sehabis main di pantai, kita biasanya akan direpotkan dengan sisa pasir yang menempel di kulit. Itu akan sangat susah dihilangkan, jika Anda hanya membasuhnya dengan air. Cara paling cepat untuk menghilangkan sisa pasir di kulit adalah dengan menaburkan bedak bayi di area yang terkena pasir. Taburkan pada area kulit yang terkena pasir dan gosok perlahan hingga semua sisa pasir rontok.

8. Memakai topi atau turban

Memakai topi atau turban [via dhresource.com]
Memakai topi atau turban [via dhresource.com]
Paparan sinar matahari yang terlalu terik dapat merusak kesehatan rambut dan kulit kepala. Jadi, Anda perlu melindunginya dengan memakai penutup kepala seperti topi atau turban. Jika ingin sesuatu yang simpel, Anda mungkin hanya perlu membawa topi saja dan kemudian menggulung rambut dan menyelipkannya ke dalam topi. Namun, jika ingin tampilan yang lebih stylish, Anda bisa membuat turban yang cute dari lilitan syal.

9. Gunakan kacamata antiradiasi

Gunakan kacamata anti radiasi
Gunakan kacamata anti radiasi [via healthandfashion.us]
Saat pergi ke pantai, Anda wajib memakai kacamata antiradiasi. Pastikan bahwa kacamata yang Anda pakai benar-benar memiliki lensa antiradiasi yang berkualitas baik. Ini karena paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Seperti misalnya, memicu katarak, hipersensitivitas terhadap sinar, dan masih banyak lagi.

10. Membawa pakaian renang

Membawa pakaian renang [via
Membawa pakaian renang [via enjoy-swimming.com]
Jika Anda termasuk orang yang suka snorkeling atau diving, tak ada salahnya membawa pakaian khusus untuk berenang. Karena pakaian semacam itu biasanya memiliki bahan yang lebih ramah terhadap air dan bisa membuat Anda bergerak lebih ringan. Jadi, Anda pun bisa menikmati keindahan bawah laut dengan lebih nyaman.

Semoga liburan Anda lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan. Selamat mencoba tips dan trik di atas!

Advertisement
Tags
liburan ke pantai objek wisata pantai tips traveling
Share