5 Keunikan Tirta Gangga Bali, Taman Air Cantik dan Suci

Advertisement

Kalau Jogja punya Taman Sari dengan berbagai keindahan serta arsitektur menawannya. Bali punya Tirta Gangga yang juga punya keunikan dan arsitertur yang begitu menarik dan sedap dipanjang mata. Suasananya akan membawa Teman Traveler kembali pada keindahan kerajaan yang punya pohon rindang serta istana air yang begitu memesona. Ingin tahu lebih banyak tentang Tirta Gangga, berikut 5 keunikan istimewa yang dimilikinya yang mungkin belum Teman Traveler ketahui!

1. Bekas Istana Raja 

Tirta Gangga Bekas Istana Raja (c) Willy/Travelingyuk
Tirta Gangga Bekas Istana Raja (c) Febri/Travelingyuk

Istana Air Tirta Gangga dibangun pada tahun 1948 oleh penguasa Karangasem saat itu. Namanya adalah Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Saat ke sini pengunjung akan dibuat seperti sedang berziarah. Melihat Bentuk kolam, bangunan hingga air mancurnya begitu unik dan klasik. Dari segi etimologi, tirta berarti air dan gangga adalah nama sungai di India.  Airnya pun dianggap suci. Tidak heran jika sebelumnya keluarga kerajaan menjadikan tempat ini penting, selain sebagai peristirahatan. Wisatawan bisa datang untuk menikmati waktu santai layaknya bangsawan.     

2. Sempat Terdampak Letusan Gunung Agung

Wisata Tirta Gangga (c) Willy/Travelingyuk
Wisata Tirta Gangga (c) Febri/Travelingyuk

Lokasi Tirta Gangga berada di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari pusat Kabupaten Karangasem. Selain itu, posisinya juga menempati Kawasan di lereng Gunung Agung. Pada tahun 1963, gunung tertinggi di Bali tersebut Meletus dahsyat. Akibatnya daerah di sekitarnya mengalami kerusakan. Tak terkecuali Tirta Gangga. Hampir keseluruhan bangunan dan kolam luluh lantak.  Perbaikan dimulai pada tahun 1979 dengan memulihkan kolam dan taman-taman.   

3. Menara Air Nawa Sanga

Menara Air Tirta Gangga (c) Willy/Travelingyuk
Menara Air Tirta Gangga (c) Febri/Travelingyuk

Salah satu yang menyita perhatian begitu memasuki area Tirta Gangga adalah Menara air berukuran besar yang disebut dengan Nawa Sanga. Dalam kepercayaan Hindu, menara ini berada pada area Bwah atau level kedua dalam doa umat Hindu dalam puja Tri Sandya. Nawa Sanga bagai air mancur unik yang dikelilingi oleh patung-patung dalam cerita Mahabharata. Letaknya sendiri berada di tengah antara tempat meditasi, kolam ikan, tempat berenang, hingga taman.   

4. Air Yang Jernih dan Segar 

Tirta Gangga yang Jernih dan Segar (c) Willy/Travelingyuk
Tirta Gangga yang Jernih dan Segar (c) Febri/Travelingyuk

Keunikan lain yang membuat tempat ini istimewa adalah kondisi airnya yang begitu jernih. Bahkan dilihat dari atas permukaan kolam, pengunjung langsung bisa melihat bagian dasarnya. Ditambah lagi, ada kolam yang berisi ikan-ikan berukuran besar. Jangan khawatir, ada penjual pakan jika kamu ingin memberi makan binatang air tersebut. Kejernihan air di sini dipertahankan dengan penuh perjuangan. Kabarnya, mata air Tirta Gangga sempat akan diexplorasi oleh perusahaan air kemasan. Namun penduduk setempat menolak upaya tersebut. 

5. Tempat Berenang yang Menyenangkan 

Kolem Berenang Tirta Gangga (c) Willy/Travelingyuk
Kolam renang Tirta Gangga (c) Febri/Travelingyuk

Kolem Berenang Tirta Gangga Kolam ikan bukan satu-satunya spot keren Tirta Gangga. Ada juga kolam yang disediakan untuk pengunjung yang ingin berenang. Tentu saja airnya berasal dari sumber alami. Kesegaran dan kejernihannya terjamin. Langsung saja nyebur. Ukuran Kolamnya juga luas dilengkapi dengan kursi santai. Kamu bisa tiduran di sini, sambal menikmati udara segar. Di sisi lainnya terdapat bangunan besar yang berfungsi sebagai toilet.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah dan berbeda dari tempat wisata pada umunya, Tirta Gangga juga begitu diminati karena Teman Traveler hanya cukup membayar tiket masuk Rp15.000 per orang sudah mendapatkan pakan ikan. Namun, jika Teman Traveler ingin berenang, harus membeli tiket tambahan ya. Salah satu wisata terbaik di Bali ini juga menyuguhkan beragam kuliner baik yang ringan maupun yang berat, jadi tidak perlu khawatir kelaparan saat berwisata ke sini ya!  

Advertisement
Tags
Bali tirtagangga Wisata
Share