Video Gerhana Matahari Total di 7 Daerah di Indonesia

no image available

no image available

Advertisement

Tepat pada tanggal 9 Maret 2016 lalu masyarakat Indonesia dan wisatawan dunia berbondong-bondong mendatangi titik-titik pengamatan Gerhana Matahari Total di 11 provinsi di Indonesia. Mereka yang tinggal di luar daerah yang dilalui GMT tidak serta merta gigit jari, warga tetap antusias menyaksikan gerhana matahari sebagian dan banyak pula yang memilih menyaksikannya di televisi nasional.

Beberapa stasiun televisi nasional melakukan liputan live detik-detik gerhana matahari total di beberapa titik pengamatan seperti Belitung, Palu, Palembang, Ternate dan masih banyak lagi. Bagi wisatawan yang kemarin ketinggalan liputan gerhana matahari total di Indonesia, berikut Travelingyuk rangkumkan video GMT di 7 daerah di Indonesia yang diambil pada tanggal 9 Maret 2016 yang lalu.

1. Gerhana Matahari Total di Palu

Video pertama menunjukkan proses gerhana matahari total yang terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Video ini diterbitkan oleh stasiun TV Kompas dimana dalam video berdurasi satu menit dua belas detik. Dalam tayangan video tersebut nampak terlihat fase total gerhana yang nama piringan matahari tertutup total oleh piringan bulan dan yang tersisa hanya cahaya korona matahari saja.

https://www.youtube.com/watch?v=RLcxqVXzNbc

Traveler yang tidak memiliki kesempatan datang ke daerah-daerah yang dilalui gerhana matahari total pada 9 Maret lalu bisa melihatnya via Youtube di atas. Video yang hingga berita ini diturunkan sudah ditonton lebih dari 50 ribu pengguna Youtube ini bisa menjadi obat dahaga bagi mereka yang belum sempat melihat gerhana matahari yang langka di Kota Palu.

2. Gerhana Matahari Total di Palembang

Berikutnya adalah video detik-detik gerhana matahari total di Kota Palembang yang diliput oleh stasiun televisi SCTV. Gerhana matahari total di Kota Pempek ini terjadi pada jam 7.21 waktu setempat. Meski kondisi cuaca di sana pada saat itu mendung tapi warga tetap antusias berkumpul untuk menjadi saksi mata terjadinya fenomena alam yang hanya terjadi ratusan tahun sekali di titik yang sama.

Beberapa saat matahari yang telah tertutup oleh piringan bulan nampak terlihat dari balik awan dan membuat kota Palembang sejenak menjadi gelap. Setidaknya gerhana matahari total di kota ini terjadi selama 1 menit 52 detik. Pusat pengamatan GMT di Palembang dilakukan di kawasan sekitar Jembatan Ampera. Terlihat dalam tayangan video lautan manusia memenuhi kawasan tersebut.

3. Gerhana Matahari Total di Ternate

Gerhana Matahari di Ternate disebut-sebut sebagai yang terbaik dengan tingkat keterlihatan yang sempurna, artinya cuaca di Ternate saat itu relatif lebih cerah dibanding cuaca di kawasan lainnya. Detik-detik berlangsungnya GMT bisa traveler lihat dari tayangan video di bawah ini, nampak terlihat dalam video berdurasi sembilan menit sepuluh detik tersebut direkam oleh seseorang yang sedang menyaksikan siaran langsung dari Metro TV.

https://www.youtube.com/watch?v=5gYeMD4h9RA

Video GMT di Ternate tersebut telah ditonton lebih dari 32 ribu pengguna Youtube. Sekedar informasi tambahan, gerhana matahari total di Ternate berlangsung cukup singkat sekitar satu menit sembilan detik. Meski secara keseluruhan, proses gerhana untuk mencapai puncak dan kembali normal memakan waktu beberapa jam. Spot paling ramai dikunjungi turis saat GMT terjadi adalah di Pantai Falajawa. Dikabarkan pula Putri Thailand turut menyaksikan GMT di Ternate.

4. Gerhana Matahari Total di Belitung

Kawasan Belitung juga menjadi salah satu titik pemantauan gerhana matahari total yang menjadi favorit wisatawan dan peneliti sebab di daerah Bangka dan Belitung gerhana matahari total akan berlangsung cukup lama yaitu sekitar 2 menit 10 detik. Dalam video unggahan pengguna Youtube yang berlangsung lebih dari empat menit ini terlihat proses terjadinya gerhana matahari total yang ada di Belitung.

https://www.youtube.com/watch?v=HWlyt5ANvSc

Beberapa titik pantai gerhana matahari total di Belitung antara lain di Pantai Tanjung Kelayang dan Bukit Batu Titi. Sejak pagi masyarakat dan wisatawan telah berdatangan di titik-titik yang digunakan untuk pengamatan. Sejenak saat itu langit menjadi gelap, terlihat pancaran cahaya dari korona matahari serta bintang-bintang di langit. Kawasan Belitung memang menjadi salah satu tujuan favorit menyaksikan GMT karena selain menjadi salah satu kota terlama dilalui gerhana, Belitung juga punya banyak pilihan tempat wisata keren.

5. Gerhana Matahari Total di Poso

Poso dilalui gerhana matahari total dengan durasi yang cukup lama yaitu sekitar 3 menit kurang 20 detik. Pemantauan gerhana matahari total di Poso sangat meriah selain di menjadi momen perdamaian saat itu diselenggarakan pula Festival Kawaninya atau Festival Kegelapan. Saat itu akan ada tarian massal motaro.

Titik pantau gerhana dan penyelenggaraan Festival Kegelapan mengambil tempat di lapangan Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Traveler yang tidak sempat datang ke Poso, bisa melihat video detik-detik gerhana matahari total yang ada di kota tersebut via video unggahan di atas.

6. Gerhana Matahari Total di Maba

Gerhana matahari total juga singgah di Kota Maba, Maluku Utara. Gerhana matahari yang terjadi di kota tersebut sangat spesial karena tercatat sebagai yang terlama dibanding kota-kota lainnya yang sama-sama dilalui jalur GMT. Setidaknya warga kota Maba bisa menikmati GMT selama 3 menit 20 detik. Tak heran jika banyak ilmuwan dan wisatawan yang berkunjung ke Maba pada waktu itu.

Video di atas menunjukkan bagaimana fase total gerhana matahari di Maba. Pada saat GMT berlangsung beberapa media sempat mengabarkan bahwa warga kota Maba yang berada di pesisir pantai sempat panik karena melihat air laut yang surut jauh. Mereka mengira akan ada tsunami, namun setelah matahari terbuka kembali, daratan pantai yang kosong tadi pun mulai terisi oleh air kembali.

7. Kumpulan Gerhana Matahari Total di Sejumlah Daerah

Video terakhir ini adalah hasil rekaman dari acara live TVOne saat gerhana matahari total berlangsung. Video berdurasi hampir sembilan menit tersebut menampilkan beberapa lokasi pantauan gerhana seperti di Palu, Poso, Bangka Belitung dan gerhana matahari sebagian di Jakarta.

Buat traveler lain yang belum sempat melihat fenomena gerhana matahari total di berbagai tempat di Indonesia bisa buka-buka di Youtube, sudah banyak video streaming siaran langsung GMT 9 Maret lalu yang diunggah di Youtube. Bagaimana dengan gerhana matahari di daerahmu, cukup jelas terlihat?

Advertisement
Tags
Gerhana Matahari Total Indonesia Wonderful Indonesia
Share