Pilihan Wisata di Subang, Pesonanya Bikin Terngiang-ngiang

Advertisement

Kabupaten Subang terletak di Provinsi Jawa Barat bagian utara. Letak geografisnya tidak hanya dekat dengan pantai, tapi juga dilalui pegunungan. Setiap sudutnya, sangat pas dijadikan tujuan untuk berwisata. Nah, apa saja destinasi yang bisa dikunjungi selama berada di sini? Berikut rekomendasi wisata di Subang dari Kontributor Travelingyuk, Suci Puji Astuti. Catat, ya.

1. Pantai Pondok Bali

Berfoto diantara batu pemecah gelombang via dokumentasi pribadi
Berfoto diantara batu pemecah gelombang(c) Suci Puji Astuti/Travelingyuk

Rekomendasi wisata di Subang pertama adalah Pantai Pondok Bali. Saat perjalanan menuju pantai ini, Teman Traveler akan dimanjakan dengan kawasan hutan mangrove yang berfungsi untuk mencegah abrasi. Sementara itu, keindahan pantainya tak kalah menawan. Selain bermain di pasir, Teman Traveler juga bisa juga berfoto di antara batuan pemecah gelombang.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Berfoto disekitar Kawah Ratu via dokumentasi pribadi
Berfoto disekitar Kawah Ratu (c) Suci Puji Astuti/Travelingyuk

Siapa yang tak kenal dengan wisata di Subang satu ini? Yap, Gunung Tangkuban Perahu sangatlah terkenal dan sering menjadi jujukan wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara. Letak tempat wisata ini berada di antara perbatasan Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Subang. Di sini terdapat beberapa kawah yang indah dengan pesonanya tersendiri. Nah, Teman Traveler yang ingin menghasilkan foto bagus, sebaiknya berkeliling terlebih dahulu.

3. Pemandian Air Panas Ciater

Berendam di air panas ciater via dokumentasi pribadi
Berendam di air panas ciater (c) Suci Puji Astuti/Travelingyuk

Wisata air panas Ciater terletak tak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Adanya air panas tersebut menjadi bukti bahwa Gunung Tangkuban Perahu masih aktif karena adanya aktivitas magma. Pemandian air panas ini sering dikunjungi oleh wisatawan untuk menghilangkan rasa lelah dari rutinitas sepanjang hari. Selain itu, airnya yang bercampur dengan belerang dipercaya bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit.

4. Air Terjun Cibareubeuy

Menikmati keindahan air terjun Cibareubeuy dari jarak jauh via dokumentasi pribadi
Menikmati keindahan air terjun Cibareubeuy(c) Suci Puji Astuti/Travelingyuk

Wisata air terjun Cibareubeuy juga berlokasi tak jauh pemandian Air Panas Ciater. Air terjun ini merupakan bukti adanya sesar atau patahan di wilayah tersebut. Jika bosan berfoto dengan background air terjun, Teman Traveler bisa menaiki bukit agar melihat air terjun dengan sudut yang berbeda. Tak kalah istimewa, lho.

5. Penangkaran Buaya Blanakan

Penangkaran buaya muara via dokumentasi pribadi
Penangkaran buaya muara (c) Suci Puji Astuti/Travelingyuk

Tak hanya alam, Subang juga memiliki tempat wisata yang sarat akan nilai edukasinya. Salah satunya Penangkaran Buaya yang menjadi tempat konservasi buaya muara agar tidak punah. Lokasinya tak jauh dari pantai Pondok Bali, tepatnya di Kecamatan Blanakan. Di sini, Teman Traveler bisa melihat berbagai fase pertumbuhan buaya. Juga tak ketinggalan, atraksi dari hewan yang hidup di dua tempat ini.

6. Kesenian Sisingaan

Kesenian Sisingaan via dokumentasi pribadi
Kesenian Sisingaan (c) Suci Puji Astuti/Travelingyuk

Selain alam dan edukasi, Subang juga kaya akan wisata budaya. Salah satunya adalah kesenian Sisingaan, arak-arakan anak yang naik replika singa keliling kampung.  Kesenian ini terdiri dari empat orang laki-laki yang mengangkat singa menggambarkan bangsa Indonesia saat dijajah. Sedangkan singa menggambarkan lambang negara penjajah, dan anak kecil menggambarkan generasi muda yang akan melawan para penjajah.

Itulah beberapa pilihan wisata di Subang. Bagaimana, siap untuk liburan ke sini kan? Jangan lupa untuk ajak saudara atau teman agar liburan Teman Traveler makin berkesan. Setuju?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Barat Subang Travelingyuk Wisata Subang
Share