Musim Hujan Jangan Khawatir! Berikut Wisata di Jogja yang Cocok Ketika Musim Hujan

Advertisement

Berlibur memang tidak tak perlu menunggu waktu musim kemarau saja. Jika pikiran mulai suntuk dan badan dirasa harus relaks, saatnya berangkat meninggalkan rutinitas yang membosankan. Jogja adalah salah satu kota yang penuh dengan kata kenangan. Iya, momen bersama sabahat, pacar, dan keluarga akan terasa hangat ketika menikmati bersama di kota ini. Mulai dari wisata alam, budaya, religi, hingga berbagai kuliner siap memanjakanmu ketika berlibur.

Wisata di Jogja ketima musim hujan
Wisata di Jogja ketima musim hujan. Foto via pikiran-rakyat.com

Namun, ketika musim hujan tiba, wisatawan mulai menurun lantaran mereka tidak bisa menikmati indahnya panorama alam Jogja. Banyak diantara mereka mulai mengurungkan rencana berlibur ke Jogja. Namun, jangan salah, musim hujan bukanlah penghalang bagi traveler yang ingin healing sejenak. Ada beberapa wisata di Jogja yang tetap eksis dan selalu menemanimu sebagai pelepas penat. Yuk intip, wisata mana saja yang bakal seru dinikmati ketika musim hujan di Jogja.

Monumen Jogja Kembali

Monjali adalah salah satu dsetinasi wisata di Jogja yang menjadi banyak dikunjungi ketika musim hujan tiba. Monumen ini sebagai bentuk sejarah bangsa Indonesia ketika kota Yogyakarta beralih menjadi Ibu Kota Republik Indonesia pada saat itu. Sejarah kelam ini terjadi saat tahun 1949 dan tahun 1985 diusulkan untuk dibangunnya monumen Jogaj Kembali.

Monumen Jogja Kembali menjadi alternatif liburan ketika musim hujan
Monumen Jogja Kembali menjadi alternatif liburan ketika musim hujan . Foto via wikipedia.com

Monumen ini buka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan harga tiket Rp. 15.000 per orang. Monumen yang beralamt di Jalan Padjajaran Ring Road Utara Sleman Jogja ini tetap buka ditanggal merah ataupun hari Minggu.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja
Keraton Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja. Foto via grid.id

Siapa yang tidak mengenali keraton Jogja? Hampir semua traveler ketika mengunjungi Jogja tidak akan lupa untuk enikmati keraton sejenak. Apalagi ketika musim hujan, destinasi satu ini menjadi pilihan utama bagi para traveler. Bagi kamu yang ingin menikmati keraton Jogja jangan datang terlalu siang ya, karena keraton akan tutup di jam 14.00 WIB.

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo dengan ribuan koleksi benda benda bersejarah
Museum Sonobudoyo dengan ribuan koleksi benda benda bersejarah. Foto via getlost.id

Musim hujan pastinya wisata indoor menjadi pilihan semua traveler. Dan museum menjadi incaran paling menarik bagi para traveler. Di Jogja ada Museum Sonobudoyo yang mengkoleksi benda benda bersejarah masa lampau akan tekonoli geologi atau ilmu tanah. Museum yang beralamat di Jalan Pangurakan Nomor 6, Gondomanan, Kota Yogyakarta ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 15.30 WIB. Tiket masuk sangat murah meraih, cukup Rp. 3.000 untuk orang dewasa dan Rp. 2.500 untuk anak-anak.

Jogja National Museum

Jogja National Museum dengan berbagai karya seni yang indah
Jogja National Museum dengan berbagai karya seni yang indahFoto via kumparan.com

Mau tau tentang seniman lokal maupun mancanegara ? yuk datang ke Jogja Nasional Museum. Disini kamu bisa menikmati suguhan karya seni yang dibuat oleh seniman kita asli Indonesia dan bahkan tersedia juga hasil karya dari seniman Mancanegara. Banyak sekali spot unik yang bisa kamu jadikan latar belakang foto hingga fasilitas panggung seni seperti kyoot art galore, anjiru coffee shop, music and podcast studio, kantin, serta casa wirabrajan.

Ramayana Ballet Prambanan

Berbagai pertunjukan seni yang indah hanya di Ramayana Ballet Prambanan
Berbagai pertunjukan seni yang indah hanya di Ramayana Ballet Prambanan. Foto via title.com

Bagi kamu penyuka seni pertunjukan, Ramayana Ballet Prambanan menjadi tempat paling seru. Disinilah kolaborasi pertunjukan tari dan drama yang diulas menjadi satu kisah. Kamu bisa menikmatinya seharian penuh dan cocok sebagai kegiatan wisata edukasi ketika musim hujan. Harga tiket berkisar mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000 per orang. Tiketnya memang sedikit lebih mahal, namun kamu dapat pengalaman yang sangat menarik dan tentu tak terlupakan.

Advertisement
Tags
Wisata Budaya wisata jogja wisata nusantara wisata sejarah
Share