Pesona Wisata Kabupaten Sinjai, Ada yang Tak Kalah Cantik dengan Maladewa

Advertisement

Kecantikan Maladewa sudah seperti barometer bagi kecantikan tempat-tempat wisata yang ada di dunia, termasuk Indonesia. Padahal, Indonesia juga punya banyak tempat yang keindahannya berani diadukan. Salah satunya ada di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Pesona wisata Kabupaten Sinjai ini berada pada 220 km dari Makassar. Lumayan, tapi dijamin takkan menyesal.

1. Pulau Sembilan

Pulau Sembilan Sinjai
Pulau Sembilan Sinjai via Instagram/sulawesiholiday

Dinamakan Pulau Sembilan, karena di kawasan ini terdapat sembilan pulau. Dari sembilan pulau tersebut, delapan di antaranya berpenghuni. Di sini, Teman Traveler bisa menikmati pemandangan laut luas yang seperti tanpa batas. Karena berpenghuni, di sana juga terdapat banyak budidaya ikan dan rumput laut. Salah satu pulau di Pulau Sembilan yang indahnya tidak kalah dengan Maladewa adalah Pulau Burungloe.

2. Air Terjun Lembang Saukang

Air Terjun Lembang Saukang
Air Terjun Lembang Saukang via Instagram/de.wa_

Air terjun Lembang Saukang berada di Desa Sukamaju, Tellulimpoe. Bentuknya unik, terdapat bebatuan yang menyusun seperti bertingkat tujuh. Karena itulah air terjun ini juga dinamakan dengan sebutan air terjun Tujuh Tingkat. Sayang, akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi di kawasan itu pada 2006, struktur bebatuannya mengalami perubahan. Meski begitu, pesona salah satu tempat wisata Kabupaten Sinjai ini tetap bisa menyelamatkan Teman Traveler yang sedang butuh liburan. Jarak dari Kota Sinjai ke air terjun cantik ini tidak terlalu jauh, hanya 30 menit.

3. Pantai Ujung Kupang

Pantai Ujung Kupang
Pantai Ujung Kupang via Instagram/muhammadfadel18

Lokasi Pantai Ujung Kupang berada pada jarak 15 km dari Kota Sinjai. Keindahan yang ditawarkan Pantai Ujung Kupang adalah airnya yang jernih serta batuan cadas yang menghampar cantik di pinggiran pantainya. Dari sini, Teman Traveler juga bisa melihat Pulau Sembilan dari jarak jauh. Datang ke sini pada saat sunrise atau sunset ya, dan rasakan sendiri sihirnya.

4. Air Terjun Batu Barae

Air Terjun Batu Barae
Air Terjun Batu Barae via Instagram/exploresinjai.lo

Air terjun Batu Barae juga tidak jauh dari pusat Kota Sinjai, hanya 35 km. Suasana tenang dan udara sejuk adalah dua hal yang akan langsung menyambut para pengunjung ketika datang ke tempat ini. Jangan lewatkan untuk menjelajah pesisir Gunung Batu Barae yang juga berada di kawasan ini.

5. Taman Purbakala Batu Pake Gojeng

Batu Pake Gojeng
Batu Pake Gojeng via Instagram/allingkhodaffi

Pesona wisata Kabupaten Sinjai berupa taman purbakala ini bisa membuatmu semakin betah berlama-lama mengeksplorasi kawasan ini. Taman Purbakala Batu Pake Gojeng ini pada masa penjajahan digunakan sebagai markas pertahanan tentara Jepang saat mengintai kapal laut dan pesawat milik tentara sekutu.

6. Mangrove Tongke-tongke

Tongke-tongke
Tongke-tongke via Instagram/indah_lestaris

Tidak lengkap berwisata ke Sinjai tanpa mengunjungi Tongke-tongke. Kawasan hutan bakau yang dikelola dengan baik ini terletak di Kecamatan Sinjai Timur. Hutan bakau yang asri serta tertata dengan rapi ini juga dihuni oleh ribuan kelelawar. Siapa penasaran melihat ribuan kelelawar, bisa datang ke Tongke-tongke.

7. Benteng Balangnipa

Benteng Balangnipa
Benteng Balangnipa via Instagram/visit_sulsel

Bangunan ini didirikan oleh Kerajaan Tellulimpoe pada abad XV. Benteng Balangnipa terbuat dari batu gunung yang direkatkan menggunakan lumpur dari Sungai Tangka. Di bangunan ini terdapat empat buah Bastion (pertananan). Tidak lama setelah selesai dibangun, Benteng Balangnipa direbut oleh Belanda karena memenangkan Perang Mangngarabombang. Selama berada di bawah kekuasaan Belanda, benteng ini mengalami renovasi hingga akhirnya terselip gaya-gaya arsitektur khas Eropa di sana.

Dari Tujuh pesona wisata Kabupaten Sinjai di atas, mana yang menarik Teman Traveler dan harus segera dikunjungi? Semuanya? Selamat berlibur!

Advertisement
Tags
kabupaten sinjai Makassar Sulawesi Selatan wisata sinjai
Share