Wisata Religi di Lamongan, Makam-Makam Berusia Ratusan Tahun

Advertisement

Kabupaten Lamongan memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi traveling. Wisata religi adalah salah satu opsi menarik yang bisa dilakukan selama berlibur di sana. Beberapa destinasinya memiliki keindahan arsitektur yang masih orisinil serta artistik. Berikut 4 rekomendasi Travelingyuk untuk kamu yang ingin ke Lamongan.

1. Makam Sunan Drajat

Peristirahatan Sunan Drajat
Peristirahatan Sunan Drajat [image source]
Berada di Drajat, Kecamatan Paciran, kamu dapat mendoakan beliau sekaligus mengenang jasa-jasanya yang telah mensyiarkan agama Islam di Pulau Jawa. Selain itu, kunjungi juga museum yang terletak satu kompleks dengan makam. Di dalam museum terdapat bedug yang terbuat dari kayu dan kulit serta koleksi fragmen Masjid Sendang Duwur.

2. Makam Syekh Maulana Ishaq

Masjid Al-Abror yang Bersebelahan dengan Makam
Masjid Al-Abror yang Bersebelahan dengan Makam [image source]
Makamnya berdekatan dengan laut, tepat untuk menikmati pemandangan setelah beribadah. Di sampingnya terdapat Masjid Al-Abror, peninggalan Syekh Maulana Ishaq yang memiliki luas 5 Ha dan 2 lantai. Karena berada di tepi pantai, kamu akan merasakan angin sepoi-sepoi yang berhembus dan membawa hawa sejuk.

3. Makam Sunan Sendang

makam Sunan Sendang di puncak bukit
makam Sunan Sendang di puncak bukit [image source]
Makam Sunan Sendang, berlokasi di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran. Desainnya masih mempertahankan arsitektur pada zaman Hindu-Budha, menjadikan tempat ini sebagai bagian dari akulturasi budaya dan agama. Oleh karena itu, banyak akademisi serta peziarah yang datang untuk belajar dan mengenal akulturasi yang terjadi. Setelah melewati gerbang kompleks makam, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan bukit yang memanjakan mata.

4. Makam Nyi Andong Sari yang Berusia 700 Tahun

Peristirahatan Nyi Andong Sari
Peristirahatan Nyi Andong Sari [image source]
Akses menuju makam Nyi Andong Sari harus menaiki bukit kurang lebih setinggi 100 meter dengan sudut yang curam. Namun tak perlu khawatir, karena terdapat beberapa anak tangga untuk mencapai puncak. Sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani monyet-monyet yang berkeliaran. Makam ibu dari Gadjah Mada ini terletak di desa Cancing, kecamatan Ngimbang.

Itulah keempat makam yang sayang dilewatkan saat berlibur ke Lamongan. Tertarik untuk melakukan wisata religi?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Lamongan wisata religi
Share