4 Zona Terlarang Dilintasi Pesawat, Berani Lewat Nyawa Taruhannya

Advertisement

Meski pesawat memiliki lintasan yang bebas hambatan, tapi transportasi satu ini juga punya beberapa aturan dalam penerbangan. Salah satunya adalah terdapat beberapa area yang tidak boleh dilewati, seperti segitiga bermuda di Karibia. Nah, ternyata ada lokasi serupa yang tersebar di beberapa negara. Berikut deretan zona terlarang untuk dilintasi pesawat. 

1. Masjidil Haram 

zona terlarang dilintasi pesawat
Masjidil Haram via shutterstock/Sony Herdiana

Tempat pertama yang tidak boleh dilintasi pesawat adalah Masjidil Haram. Diungkapkan oleh seorang pilot dari Arab Saudi bernama Hasan Al Ghamidi, pelarangan tersebut dilakukan karena posisi Kota Mekah berada di wilayah pegunungan. Jadi, ketika ada pesawat yang melintas maka suaranya akan memantul dan menimbulkan efek buruk bagi para jamaah haji atau umroh. 

2. Machu Picchu   

zona terlarang dilintasi pesawat
Machu Picchu via shutterstock/Anton_Ivanov

Selanjutnya,ada Machu Picchu yang berlokasi di Peru. Pemerintah setempat melarang pesawat melintasi bagian atas wilayah tersebut bukan tanpa alasan, Teman Traveler. Ini karena pesawat yang melintas bisa mengancam satwa liar yang ada di sana dan juga tumbuhan langka yang dapat rusak karena sapuan angin dari burung besi ini. Pelarangan tersebut juga berlaku kepada tur helikopter. 

3. Makam Wotgaleh 

Gapura Makam Wotgaleh via instagram/hairus9

Indonesia juga punya kawasan yang tidak boleh dilewati pesawat yang terletak di Makam Pangeran Purbaya atau Wotgaleh. Berlokasi di Yogyakarta, makam ini sudah dikeramatkan sejak dulu, bahkan pesawat saja tidak berani melewatinya. 

Ini karena telah banyak peristiwa pesawat jatuh sebelumnya, seperti di tanggal 20 Desember 2015 pesawat TNI T50i Golden Eagle dilaporkan jatuh pada pukul 09.40 WIB saat tengah melakukan akrobatik udara. Lalu, pada tanggal 29 Desember 2011, pesawat latih jenis Gilder 611 juga jatuh di daerah dekat makam dan masih banyak kejadian lainnya,  

4. Merrit Island  

Merrit Island via shutterstock/Zhukova Valentyna

Terakhir, ada Merrit Island yang bertempat di Amerika Serikat. Bukan tanpa sebab, pulau ini merupakan markas Kennedy Space Center milik NASA. Jika sewaktu-waktu peluncuran roket dilaksanakan, tak akan ada pemberitahuan terlebih dahulu sebelumnya. Jadi, akan sangat berbahaya apabila pesawat melintas bertepatan dengan peluncuran roket. 

Itulah deretan zona terlarang dilintasi pesawat. Semuanya memiliki alasan masing-masing, mulai dari faktor kenyamanan sampai dengan keamanan pesawat. Nah, apakah kalian mengetahui lokasi lain yang punya aturan serupa? Kalau tahu, bisa share di kolom komentar. 

Advertisement
Tags
Amerika Serikat Arab Saudi Indonesia Peru Tempat Wisata Wisata Yogyakarta zona terlarang dilintasi pesawat
Share